cover
Contact Name
Syarif Hidayatullah
Contact Email
syarifbahagia@uhamka.ac.id
Phone
+6281905887050
Journal Mail Official
imajeri@uhamka.ac.id
Editorial Address
Jl. Tanah Merdeka No.6, Rambutan, Ps. Rebo, Jakarta Timur, Indonesia 13830
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26544199     DOI : https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1
Core Subject : Education, Social,
IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews on linguistics, literature, and their teaching
Articles 107 Documents
Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovely di Televisi Arina Mana Sikana; Rahmadani Linda Fadillah
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v3i1.4983

Abstract

Iklan merupakan salah satu inovasi yang dilakukan produsen dalam memasarkan suatu produk atau jasa yang ada. Salah satu karakteristik dari bahasa iklan ialah persuasif. Adanya bahasa iklan yang persuasif dan mampu menarik konsumen terhadap produk atau jasa yang dipasarkan tidak luput dari peran tindak tutur yang digunakan oleh produsen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur ilokusi yang ada pada iklan produk kecantikan Fair and Lovely. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berupa tuturan kata dan kalimat pada iklan Fair and Lovely dengan menggunakan teknik rekam, simak, dan catat. Penggunaan analisis dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat lima wujud tindak tutur ilokusi pada iklan produk kecantikan Fair and Lovely, yaitu tindak tutur ilokusi asertif sejumlah tiga data, tindak tutur ilokusi direktif terdapat empat data, tindak tutur ilokusi komisif terdiri empat data, tindak tutur ilokusi ekspresif terdapat satu data, dan tindak tutur ilokusi deklaratif sejumlah satu data.
Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Portal Radar Solo Tema Covid-19 Oky Aprilia; Afifah Nuur Qoryah; Oky Yahya Aprilia
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v3i1.4996

Abstract

AbstrakRadar Solo merupakan perusahaan jurnalistik yang berada di Solo. Berita disajikan melalui dua media yaitu, cetak dan publikasi melalui portal website dan media sosial lainnya. Sebagai media penyalur berita kepada pendengar dan pembaca tentu Radar Solo tidak luput dari kesalahan berbahasa dalam menulis dan menyiarkan berita. Hal itu membuat peneliti tertarik untuk mengkaji kesalahan berbahasa bidang morfologi pada berita-berita yang dipublikasikan secara daring oleh Radar Solo melalui alamat portal resminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa bidang morfologi dalam penulisan berita di Radar Solo dengan tema Covid-19. Peneliti fokus untuk mengkaji berita-berita yang dipublikasikan pada bulan Maret tentang isu Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca dan menulis. Langkah-langkah dalam mengklasifikasikan data dan kesalahan antara lain yaitu, 1) pengumpulan data, 2) mengidentifikasi kesalahan, 3) megklasifikasikan kesalahan, dan 4) mengevaluasi kesalahan. Hasil dari penelitian ini adalah kesalahan berbahasa bidang morfologi meliputi 1) Kesalahan penghilangan prefiks me- dan ber-, 2) Kesalahan penghilangan sufiks —an dan —kan, 3) Bunyi yang tidak diluluhkan, 4) Penggunaan afiks yang tidak tepat, 5) Peluluhan bunyi yang seharusnya tidak luluh. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa menjadi evaluasi untuk lebih teliti dalam menuliskan berita khususnya pada bidang morfologi.Kata kunci: Kesalahanberbahasa, morfologi, daring, Covid-19, Radar Solo
ASPEK RELIGIUS PADA KUMPULAN LAGU ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK CUT NYAK DIEN JEMBER Dzarna Dzarna
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/imajeri.v1i1.5050

Abstract

Sekolah Cut Nyak Dien memiliki kumpulan lagu islami. Kumpulan lagu tersebut diciptakanoleh gurunya. Peneliti tertarik untuk meneliti aspek religius dengan tujuan mengetahui apa saja aspekreligiusnya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kumpulan laguislami yang terdiri 60 lagu, namun hanya 15 lagu yang diambil karena sesuai dengan aspek religius.Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pereduksian data,paparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dengan cara ketekunan pengamat.Aspek religius terdapat 3 jenis yaitu aqidah, syariah, dan akhlak. Ketiganya ditemukan padakumpulan lagu, aspek aqidah berisi tentang Allah hanya satu. Hal ini sangat baik untuk dikenalkanpada siswa, dengan mengetahui aqidah maka akan menyakini keyakinan bahwa Allah itu ada. Syariahpada kumpulan lagu berisi tentang hukum wajib dan tidak, yaitu sholat dan mengaji, hal ini baikdisampaikan pada siswa agar tahu hukum yang wajib dan tidak. Akhlak juga ditemukan, berisitentang akhlaq pada manusia, Allah dan lingkungan, akhlaq sangat penting diajarkan. Akhlak yangbaik akan membawa perubahan pada diri, keluarga, bahkan kepada dunia.
INTERFERENSI BAHASA ARAB TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM PERCAKAPAN SANTRI (KAJIAN PADA NOVEL NEGERI 5 MENARA) Fauzi Rahman; Puji Anto; Abu Maskur
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui wujud interferensi bahasa Arab terhadapBahasa Indonesia, yang direpresentasikan dalam percakapan antar santri pada novel-novel bertokohsantri di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini adalah novel-novel di Indonesia dengan cerita yangmenggambarkan tentang tokoh santri, yaitu Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Adapunhasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa, Proses interferensi bahasa Arab ke dalambahasa Indonesia yang digambarkan dalam novel bertema pesantren terjadi karena beberapa hal,antara lain: (1) Penulis memang menguasai bahasa Arab, (2) Penulis ingin memperkenalkan bahasaArab kepada pembaca, (3) Penulis novel ingin menggambarkan bagaimana suasana komunikasi yangterjadi di dalam pondok pesantren yang mewajibkan bahasa Arab. Proses interferensi terjadi karenakebiasaan seseorang menggunakan suatu bahasa, sehingga berpengaruh dan masuk ke dalam sistembahasa lain yang sedang digunakan oleh si pengguna dwibahasa. Hal ini lah yang menyebabkanpengguna bahasa Indonesia yang digambarkan dalam novel, sering menyisipkan bahasa Arab didalam percakapannya.
INTERFERENSI BAHASA BETAWI DALAM NOVEL TABULA RASA KARYA RATIH KUMALA (SUATU TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK) Nur Amalia; Sukardi Sukardi; Tifanny Ellies
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interferensi bahasa Betawi dan faktor penyebab interferensi yang terjadi di dalam novel Tabula Rasa karya Ratih Kumala. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan analisis metode padan. Teknik yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu. Dari novel Tabula Rasa karya Ratih Kumala yang dianalisis, peneliti menemukan 82 data interferensi bahasa Betawi yang diambil secara acak. Interferensi bahasa Betawi tersebut meliputi interferensi fonologi, interferensi morfologi, interferensi sintaksis dan interferensi leksikal. Interferensi fonologi ditemukan sebanyak 23,17%, interferensi morfologi sebanyak 50,00%, interferensi sintaksis sebanyak 9,75%, dan interferensi leksikal sebanyak 17,07%. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat interferensi bahasa Betawi dalam novel Tabula Rasa karya Ratih Kumala. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahasa pertama pengarang dalam novel Tabula Rasa.
PENGARUH MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA TIMUR Sukardi Sukardi
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya permasalahan tentang kesulitan menulis deskripsi membuat penelitian ini berusaha untuk memberikan solusinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar fotografi terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas XI. Era modern ini beberapa siswa menyukai atau hobi dengan fotografi, sehingga dilakukan eksperimen dengan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design quasi eksperimental dengan menghitung menggunakan sofware SPSS 16. Pada penelitian ini menggunakan populasi kelas XI SMA Muhammadiyah 23 Jakarta Timur ± 62 siswa. Kemudian dilakukan random sampling dengan mengundi kelas yang akan dijadikan sampel. Maka didapatkan kelas sampel XI IPA 1 dengan jumlah sampel 25 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Diketahui dari 25 responden nilai signifikan untuk pre-test sebesar 0,319 dan nilai signifikan untuk post-test sebesar 0,212. Nilai signifikan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah 0,05. Maka nilai signifikan pre- test 0,319> 0,05 dan nilai signifikan post-test 0,212> 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan data post-test berdistribusi normal. Nilai t hitung sebesar -2,818 degan signifikan 0,010. Nilai signifikan 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis deskripsi sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test). Dapat dinyatakan bahwa media gambar fotografi dapat dijadikan salah satu cara pembelajaran menulis deskripsi.
REPRESENTASI EKRANISASI NOVEL DEAR NATHAN KARYA ERISCA FEBRIANI Prima Gusti Yanti; Syarif Hidayatullah; Richa Khairani
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk ekranisasi yang terdapat dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani yang dibandingkan dengan film Dear Nathan. Untuk mengetahui hal tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam terdapat tiga bentuk ekranisasi novel Dear Nathan berupa penciutan/pemotongan, penambahan, dan perubahan bervariasi di dalam film Dear Nathan. Hal tersebut terdapat pada unsur intrinsik novel, yaitu alur, penokohan, dan latar. Di dalam alur terdapat pemotongan pada alur sebanyak 7 kali, penambahan alur sebanyak 3 kali, dan perubahan bervariasi pada alur sebanyak 13 kali. Di dalam tokoh, terdapat penciutan tokoh sebanyak 7 tokoh dan penambahan tokoh sebanyak 2 tokoh. Di dalam latar terdapat penciutan latar sebanyak 5 kali dan perubahan bervariasi pada latar sebanyak 9 kali.
MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 JAKARTA TIMUR Nawawi Nawawi; Indah Rahmayanti; Irna Tri Wahyuni
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh antara media film animasi dengan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jakata Timur. Metode dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis teks persuasi. Pada kelas eksperimen diberikan materi teks persuasi dengan menggunakan media film animasi. Sedangkan pada kelas kontrol diberikan materi teks persuasi tetapi tidak menggunakan media film animasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jakarta Timur. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan VIII C. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa 34 setiap kelasnya. Uji normalitas setelah perlakuan menggunakan lilliefors. Hasil perhitungan diperoleh t0 (3.287) > tt (1.668) dengan taraf signifikansi5% atau α = 0.05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh media film animasi terhadap kemampuan menulis teks persuasi.
PROBLEMATIK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 09 KOTA BENGKULU Tri Dina Ariyant
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tidak semua orang mempunyai gaya belajar yang sama, sekalipun bila mereka bersekolah di sekolah atau bahkan duduk di kelas yang sama. Bahwa kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya. Ada yang cepat, sedang, dan lambat. Karenanya mereka sering kali harus menempuh cara berbeda untuk bisa memahami sebuah informasi atau pelajaran yang sama. Sebagian siswa lebih suka guru mereka yang mengajar dengan cara menuliskan segalanya di papan tulis. Dengan begitu, mereka bisa membaca kemudian mencoba memahaminya. Akan tetapi, sebagian siswa lain lebih suka guru mengajar dengan cara menyampaikan secara lisan dan mereka mendengarkan untuk bisa memahaminya. Sementara itu, ada siswa yang lebih suka membentuk kelompok kecil untuk mendiskusikan pertanyaan yang menyangkut pelajaran tersebut. Dalam pembelajaran di kelas, berbagai model diterapkan agar siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Namun, kenyataannya masih saja terdapat kelemahan oleh sebagian siswa ataupun gurunya dalam menggunakan model-model pembelajaran. Untuk itu, perlu evaluasi lebih lanjut untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi bahwa faktanya salah satu model pembelajaran yang digunakan oleh guru kepada para siswa di kelas masih terdapaat kelemahan. Maka, didapat suatu rumusan masalah dalam penelitian ini Problematik Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 09 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini dalam upaya mengungkapkan kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran mind mapping. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 09 Kota Bengkulu dan waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap selama kurang lebih satu semester. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya berupa pengamatan/observasi dan ujian/tes. Teknik analisis datanya yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian didapat beberapa kelemahan dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping yakni siswa butuh kemampuan kognitif untuk memahami pembelajaran dengan model mind mapping, penerapan model mind mapping butuh waktu panjang (satu standar kompetensi dua kali pertemuan atau empat jam pelajaran), dan guru cenderung kesulitan mengoordinasi kelas. Dengan demikian model pembelajaran mind mapping ini sebaiknya dilaksanakan secara terfokus pada siswa dan materi dibuat semenarik mungkin dengan cara ini minat belajar siswa termotivasi. Kemudian, model pembelajaran ini lebih mudah guru memantau keaktifan semua siswa dan tidak sulit untuk menerapkannya pada beberapa kompetensi yang berbeda.
PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK Trie Utari Dewi; Nadya Rahmi; Nadia Imaniah
Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan kejiwaan tokoh utama dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasary dengan menggunakan pendekatan psikologi humanistik Abraham Maslow. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan teknik studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) menentukan tokoh yang akan dikaji; 2) mencari dan mengidentifikasikan pemikiran-pemikiran dan perilaku tokoh untuk mengetahi permasalahan yang dialami oleh tokoh yang dikaji; dan 3) mendeskripsikan serta mengklasifikasikannya melalui pendekatan humanistik Maslow. Hasil dari penelitian ini yaitu Sasana sebagai tokoh utama mengalami masalah kejiwaan akibat dari kebutuhan-kebutuhan akan dirinya yang tidak terpenuhi. Hal ini terlihat dari kebutuhan fisiologisnya akan seks tidak dapat terpenuhi karena dirinya sebagai laki-laki justru tidak memiliki perasaan terhadap wanita. Ia justru lebih menyukai sesama jenisnya. Selain itu juga karena faktor kebutuhan akan rasa aman yang tidak ia dapatkan dari orang tuanya. Ia sering dimarahi dan dikekang oleh orang tuanya terutama oleh bapaknya. Ditambah lagi dengan tidak terpenuhinya rasa akan cinta dan dicintai. Sasana merasa orang tuanya tidak sepenuhnya menyayangi ia. Ia merasa bahwa orang tuanya menyayangi dirinya hanya karena Sasana selalu menuruti kemauan orang tuanya. Dan iapun merasa hanya orang-orang di sekitarnya sesama transgender yang menyayangi dia dengan sepenuh hati. Akan tetapi di lingkungan sekitarnya yang normal justru ia merasa direndahkan karena penampilannya yang seperti perempuan. Sehingga kebutuhan akan harga dirinya pun tidak terpenuhi. Akibat tidak terrpenuhinya kebutuhan-kebutuhan tersebut, Sasanapun tidak dapat mengoptimalkan potensi yang ada dalam dirinya dari kepintaran yang ia miliki. Ia justru hanya mampu mengeluarkan potensi atas jiwanya yang bermasalah dengan merubah dirinya yang laki-laki menjadi seperti perempuan.

Page 1 of 11 | Total Record : 107