Ability : Journal of Education and Social Analysis
Volume 1 No 1 Oktober 2020

Penerapan Metode SQ3R Dan Latihan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mewujudkan Nilai-Nilai Kristiani Pelajaran Agama Kristen Di Kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita T.A. 2019/2020

Jeslin Simatupang (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini mengambil tempat di SMK Negeri 2 Siatas Barita dan penelitian ini dilakukan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yakni pada bulan Juli sampai dengan September 2020. Penelitian ini dilakukan kepada siswa Kelas XI dengan jumlah siswa 21 orang. Setelah dilakukan pengamatan dan analisis data diperoleh simpulan dari hasil test awal diketahui bahwa. 1). hasil belajar siswa Kelas XI dalam materi Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai keseluruhan siswa sebesar 14,67% atau masih dibawah 65%. 2). Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan pembelajaran metode SQ3R, terbukti hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata PKK keseluruhan siswa sebesar 12,19%. 3). Untuk mencapai hasil yang lebih baik, maka dilaksanakan pembelajaran pada siklus 11 dengan metode Latihan ternyata hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata PKK sebesar 26,86%. 3.). Peningkatan hasil belajar siswa materi Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani Setelah diberikan perbaikan pengajaran sebanyak dua kali secara total adalah 39,05%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal Ability mengundang para Dosen, sarjana, peneliti, dan mahasiswa untuk menyumbangkan hasil studi dan penelitiannya di bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai perspektif, Manajemen Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Teknologi ...