Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementation of Guided Inquiries to Increase Science Learning Outcomes about Changes in Objectives

Arbangatun Fitriana (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pada siklus I ketuntasan peserta didik mencapai 68,42%. Sedangkan pada siklus II mencapi 89,47%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud pada peserta didik kelas V SDN 1 Karangsari Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...