Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Cooperative Script dalam Peningkatan Kerjasama dan Komunikasi pada Tema Panas dan Perpindahannya Siswa Kelas V SD N 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2018/ 2019

Ingtiarti Ingtiarti (Unknown)
Kartika Chrysti Suryandari (Unknown)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Penerapan Model Cooperative Script dalam Peningkatan Kerja Sama dan Komunikasi Pada Tema Panas dan Perpindahannya Siswa Kelas V SD N 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2018/ 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah penerapan model cooperative script untuk meningkatkan kerja sama dan komunikasi pada tema Panas dan Perpindahannya siswa kelas V SD N 1 Bumirejo tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD N 1 Bumirejo dengan guru sebagai pelaksana tindakan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, angket serta hasil pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerja sama dan komunikasi siswa meningkat melalui penerapan model cooperative script pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...