Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Application of Scientific Approach with Google Meet Assisted Multimedia to Improve Social Studies Learning in Class V

Mutiara Anggun Puspitasari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Kegiatan pembelajaran daring secara asinkronus membuat kegiatan belajar kurang maksimal. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu guru perlu melaksanakan pembelajaran daring secara sinkronus dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan multimedia berbantuan google meet. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran IPS tema Peristiwa dalam Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebanyak 76,25%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 85,00%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS di kelas V SD N Salebu 05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...