Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Kertas Lipat dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Roworejo Tahun Ajaran 2017/2018

Aniqotul Khusna (Unknown)
Imam Suyanto (Unknown)
Joharman Joharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas V SDN Roworejo. Penelitian terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamata dan refleksi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...