Al Tarbawi Al Haditsah
Vol 5, No 2 (2020): Pendidikan Islam dan Pembelajaran Daring

Hakikat Nilai Hormat dan Tanggung Jawab Perspektif Thomas Lickona & Perspektif Islam (Sebuah Pendekatan Integratif-Intorkonektif)

Fathurrahman Fathurrahman (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh dan mendalam dari hasil mengkaji dan menganalisis pemikiran Thomas Lickona tentang hormat dan tanggung jawab sebagai nilai utama karakter yang penting untuk diinternalisasikan kemudian diintegrasikan dan diinterkonelsikan dengan Islam. Metode penelitian ini, menggunakan metode study library research dengan pendekatan integratif-interkonektif, sehingga mampu memberikan gambaran tentang hormat dan tanggung jawab perspektif Thomas Lickona dan perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gagasan Thomas Lickona tentang hormat dan tanggung jawab merupakan karakter utama yang dilandaskan pada hukum moral. Sehingga hormat dan tanggung jawab dalam pandangan Thomas Lickona dan Islam sangat dianjurkan. Hormat berarti memberikan penghargaan kepada diri sendiri, orang lain, dan semua bentuk kehidupan dan lingkungan yang menunjangnya. Sedangkan tanggung jawab adalah perluasan dari sikap hormat yang menekankan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban secara personal, vertikal, dan horizontal. Sehingga urgensi hormat dan tanggung jawab merupakan tempat berpijak untuk mencetak manusia yang secara etis memposisikan diri sebagai bagian dari masyarakat yang menjunjung tinggi sikap hormat dan tanggung jawab dalam kehidupan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. fokus ...