Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Sekolah sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan dorongan untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan kelas VIII A di SMP Negeri 1 Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Deskripsi tersebut terkait dengan program sekolah dalam meningkatkan kesadaran dan dorongan untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan serta factor pendukung maupun penghambat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A dengan objek penelitian meliputi implementasi Program Sekolah di SMP Negeri 1 Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian di kelas VIII A SMP Negeri 1 Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa Program Sekolah telah dapat dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan dorongan yang kuat untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan yang meliputi (1) membentuk warga sekolah yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME (2) mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingintahu, bertoleransi, bekerjasama, salingmenghargai, disiplinjujur, kerjakeras, kreatif, daninovatif;; (3) meningkatkan nilai kecerdasan serta cinta ilmu dan keingintahuan peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik; (4) Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis. Model Pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1 Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo yaitu Learning Community dalam upaya meningkatkan kesadaran dan dorongan yang kuat untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan.
Copyrights © 2021