Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV)
Vol 2 No 1 (2021): Volume 2 No.1 Tahun 2021

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Gundik Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Jemangin, S. Pd. (SDN Gundik Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gundik Kec. Slahung Kabupaten Ponorogo menggunakan Media gambartahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkahnya terdiri dari, perencanaan, tindakan, refleksi, dan observasi. Subyek PTK ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gundik Kec. Slahung Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 20 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data melaluites, observasi, dan dokumentasi. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS menggunakan Media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Gundik Kec. Slahung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan rata-rata pada siklus I ada 6 siswa atau 58.73% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥70, sedangkan hasil tes pada siklus II ada 13 siswa atau 73.21% dari seluruh siswa yang mendapatkan nilai ≥70, sedangkan hasil tes pada siklus III ada 20 siswa atau 98,35% dari seluruh siswa yang mendapatkan ≥70. Hal ini berarti mengalami peningkatan persentase siswa yang mendapat nilai ≥70 dari siklus I ke siklus III sebanyak 42.48%. Nilai rata-rata hasil tes dari siklus I ke siklus III juga mengalami peningkatan sebanyak 9.6 yaitu dari59.76 menjadi 73.21 kemudian menjadi 98.45. Demikian juga dalam proses pembelajarannya, hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat dari 62.75% pada siklus I meningkat menjadi 74.75% pada siklus II dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 96,56% dengan kategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPV

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV) dikelola dan diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun untuk mempublikasikan karya ilmiah dibidang pendidikan dan pembelajaran demi terwujudnya pendidikan yang maju yang mampu menjawab tuntutan dan perkembangan ...