INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 2, No 03 (2013): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING DAN KOMIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN KREATIVITAS SISWA

Tri Tri Murtiningrum (Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Ashadi Tri Ashadi (Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Sri Mulyani (Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, IndonesiaPEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING DAN KOMIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN KREATIVITAS SISWA)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2013

Abstract

Inovasi pembelajaran dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. e-learning dan komik dapat dijadikansebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar. Pembelajaran problem solvingdengan e-learning dan komik, dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah untuk membentuk konsep.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pembelajaran kimia dengan problem solvingmenggunakan media e-learning dan komik, kemampuan berpikir abstrak, kreativitas siswa dan interaksinyaterhadap prestasi belajar ikatan kimia. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 2Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dipilih secara acak (cluster random sampling),sejumlah 2 kelas, yaitu kelas XI TOKR 3 sebagai kelas e-learning dan XI TOKR 2 sebagai kelas komik.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar kognitif, kemampuan berpikirabstrak, dan kreativitas sedangkan prestasi belajar afektif menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakananalisis non parametric Kruskal-Wallis Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)ada pengaruh pembelajaran kimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komikterhadap prestasi belajar siswa; (2) ada pengaruh kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajarsiswa; (3) ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar siswa; (4) ada interaksi antara pembelajarankimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komik dengan kemampuan berpikirabstrak terhadap prestasi belajar siswa; (5) ada interaksi antara pembelajaran kimia dengan problem solvingmenggunakan media e-learning dan komik dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa; (6) adainteraksi antara kemampuan berpikir abstrak dengan kreativitas dan terhadap prestasi belajar siswa; (7) adainteraksi antara pembelajaran kimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komik,kemampuan berpikir abstrak dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa.Kata Kunci: problem solving, e- learning, komik, kemampuan berpikir abstrak, kreativitas

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...