Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pasien. Dengan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas sebagai variabel independen dan kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori, populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang pernah berobat di Puskesmas Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 4900 orang. Analisis data yang digunakan adalah Regresi linier berganda, uji instrument dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian kualitas pelayanan memiliki nilai t hitung 2,968 > t tabel 1,66123 ( sig. 0,0004 < 0,05) harga memiliki nilai t hitung 5,320 > t tabel 1,66123 ( sig. 0,000 > 0,05) fasilitas memiliki nilai t hitung 3,715 > t tabel 1,66123 ( sig. 0,000 < 0,05) yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dan secara simultan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dibuktikan dengan besar F hitung sebesar 62,566 > F tabel 3,94 dengan nilai sig. F (0,000 < 0,05).
Copyrights © 2021