Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Junjungan Pendidikan "Intelektual dan Edukatif"

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 5 PEMATANG DUKU

Fitri Hayani (SMP Negeri 5 Bengkalis)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Pembelajaran yang dikatakan berhasil apabila pembelajaran yang tidak hanya menghasilkan lulusan yang hanya memiliki kemampuan dalam segi hard skill, akan tetapi kemampuan soft skill yang semua itu mencapai tujuan dari pada pendidikan Nasional. Untuk itu yang berperan aktif dalam persoalan ini adalah guru. Guru merupakan tenaga yang profesional dan guru memiliki tugas untuk menciptakan pendidikan yang menyenangkan dan menarik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas peserta didik atau siswa pada pembelajaran IPS, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teknik kancing gemerincing, pada kelas VIIIE di SMPN 5 Pematang Duku Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Pisau analisis pada penelitian ini adalah teori Behavioristik menganalisis prilaku yang diamati dan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon ketika tindakan tersebut berlangsung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), yang dilakukan secara kolaboratifdengan observer dan pelaksanaan Tindakan dilakukan dengan empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Pelaksanaan juga dilakukan dalam dua siklus, masing – masing siklus dilakukan dua kali, pertemuan dan data dikumpulkan melalui lembaran observasi. Aktivitas dilihat, mendengar, mencatat, bertanya, menanggapi, dan membaca dan pengolahan data menggunakan teknik persentase. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Pembelajaran cooperatif learning tipe, teknik Kancing Gemerincingdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kelas. Adapun hasilnya adalah Siklus I aktivitas mendengar 60%, mencatat 80%, bertanya 62,5%, menanggapi 65%, dan membaca 70%. Selain itu pada Siklus II aktivitas mendengar 82,5%, mencatat 90%, bertanya 87,5%, menanggapi 85%, dan membaca 90%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan ...