An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1 No 3 (2021): Islamic Education

Penanaman Karakter Disiplin di Asrama Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang

Antoni Antoni (Universitas Negeri Padang)
Rahmi Wiza (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kedisiplinan santri diasrama MTI Candung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, proses pembelajaran, evaluasi, hambatan dan solusi yang dilakukan ustadz mengatasi hambatan penanaman nilai-nilai karakter disiplin di MTI Candung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah ustadz dan santri. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan dan observasi terus terang/tersamar, mewawancarai responden diantaranya kepala sekolah, majelis guru dan santri. Dokumentasi dilakukan memperoleh data berbentuk arsip dokumen.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perencanaan dipersiapkan sebelum belajar dengan membaca doa sebelum belajar hingga mengingat kembali materi sebelumnya, pelaksanakan pembelajaran dimulai ustadz membacakan kitab dan arti hingga menghafal mufradat, evaluasi dilakukan secara tertulis dan tidak tertulis, hambatan kegiatan pembelajaran seperti tidak adanya keinginan untuk belajar dan suka melanggar aturan serta solusi untuk penanaman nilai-nilai karakter disiplin adalah meningkatkan motivasi santri,metode yang tepat dan meningkatkan pengawasan terhadap santri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annuha

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Teaching Education Development Islamic Education Material Learning Models and Strategies Curriculum Philosophy of Islamic Education Politics of Islamic Education History of Islamic Education Educators and ...