Guru dituntut memiliki keberanian untuk mengubah paradigma proses belajar mengajar dari teacher centre oriented menjadi student centre oriented. Penelitian ini menggunakan Pembelajaran Kontekstual Model Inkuiri dengan teknik “Terapi Kata” pada standar kompetensi “Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas” dengan memilih kompetensi dasar “Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai dan Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampaun menulis puisi bebas melalui teknik “Terapi Kata”. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan model Kemmis dan Taggart. Pembelajaran Teknik “Terapi Kata” ini dirancang dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I hasil pembelajaran siswa belum mencapai ketuntasan. Siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 12 anak dengan 44,44%. Pada siklus II hasil pembelajaran siswa sudah mencapai ketuntasan. Siswa yang telah tuntas sebanyak 22 anak dengan sebesar 81,48%. Terjadi peningkatan dari 70.83 pada siklus I menjadi 79,47 pada siklus II. Hal ini berararti bahwa hasil belajar Siswa meningkat 8,64. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Teknik “Terapi Kata” dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas kelas VIII H semester 2 Tahun Pelajaran 2016--2017 di SMP Negeri 1 Tugu.
Copyrights © 2021