VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
Vol. 1 No. 1 (2020): VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA

Analisis Persepsi Guru dan Siswa Kelas X SMA dalam Mengimplementasikan Video Materi Daur Ulang Limbah Plastik Menggunakan Sparkol Videoscribe

Ervan Johan Wicaksana (Universitas Jambi)
Pramana Atmadja (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Penggunaan video pembelajaran sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi, khususnya daur ulang limbah plastik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Jambi pada bulan Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi guru dan persepsi siswa dalam mengimplementasikan video pembelajaran biologi pada materi daur ulang limbah plastik menggunakan sparkol videoscribe. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada siswa dan guru. Selanjutnya uji coba produk dilakukan pada 6 orang kelompok kecil, 26 orang siswa kelompok besar dan satu guru mata pelajaran biologi, sebelumnya dilakukan validasi media oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 81,25% dengan kategori “Sangat Baik” sedangan hasil validasi ahli media 93,75% dengan kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba kelompok kecil memperoleh tanggapan 92,5% dengan kategori “sangat baik” sedangkan pada uji coba kelompok besar memperoleh tanggapan 87,2%. Persepsi guru bidang studi biologi memperoleh tanggapan 87,5% dengan kategori “sangat baik“ berdasarkan hal tersebut media layak digunakan. Kata Kunci: daur ulang limbah plastik, sparkol videoscribe, video pembelajaran The use of instructional videos as learning media is expected to help students understand the material, especially recycling plastic waste. This research was conducted at the 6th High School of Jambi City in May 2019. This type of research is a descriptive analysis research with quantitative methods. This study aims to look at teacher perceptions and student perceptions in implementing biology learning videos on plastic waste recycling material using sparkol videoscribe. Research data was obtained by distributing questionnaires to students and teachers. Furthermore, the product trial was conducted on 6 small group people, 26 large group students, and one biology subject teacher, before the media validation was done by the material expert and the media expert. The results of the validation by material experts with a percentage of 81.25% with the category "Very Good" while the results of the validation of the media experts 93.75% with the category "Very Good". In the small group trials, it received 92.5% responses in the "very good" category while in the large group trials it got 87.2% responses. Teachers' perceptions in the field of biological studies received 87.5% responses in the category of "very good" based on that the media was appropriate to use.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

vtr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian IPA, baik kajian literatur maupun kajian ...