ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika

IMPLEMENTASI TEORI FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER

Muhammad Zainul Arifin (IAIN Jember)
Mega Nuris Salafinah (IAIN Jember)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

kelulusan merupakan suatu hal yang sangat diharapkan oleh setiap mahasiswa, yang nantinya akan menjadi bekal seorang mahasiswa dalam menempuh jenjang selanjutnya ataupun untuk mencari pekerjaan, kelulusan mahasiswa juga sebagai penunjang akreditasi bagi perguruan tinggi. Yang menjadi masalah adalah apakah mahsiswa bisa lulus dengan maksimal atau tidak. Dalam penelitian ini, lebih memfokuskan bagaimana implementasi teori fuzzy dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa IAIN Jember. Teori fuzzy merupakan suatu teori banyak digunakan karena teori fuzyy mudah di mengerti, toleransi terhadap data yang kurang tepat. Pada penelitian ini digunakan teori fuzzy tsukamoto dengan 3 variabel input, variable input terdiri dari jumlah penerimaan peserta wisuda, jumlah mahasiswa, dan jumlah mahasiswa yang lulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat jumlah mahasiswa yang lulus dalam setiap tahunnya, dengan digunakannya teori fuzzy tsukamoto ini diharapkan dapat membantu seseorang dalam melihat jumlah mahasiswa yang lulus. Kata Kunci: Logika fuzzy, Metode tsukamoto, Variabel Input

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

arm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun ...