cover
Contact Name
Sofiatul Azizah
Contact Email
sofiatulaz105@gmail.com
Phone
+6285232700118
Journal Mail Official
aritmatika.iainjember@gmail.com
Editorial Address
HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember Jl. Mataram No.1, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68136
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
ISSN : 27230627     EISSN : 27231046     DOI : -
Core Subject : Education,
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang pendidikan Matematika
Articles 29 Documents
PENGEMBANGAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMA KELAS XI MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER DUA VARIABEL Ayu Chinintya Lestari; Ana Novianti Baqiatus Solehah; Ana Aulia Maghfiroh; Ida Aini Fitriyah; Dimas Danar Septiadi; Anas Ma'ruf Annizar
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal olimpiade pada mata pelajaran matematika SMA materi Sistem Persamaan Linier Dua Variable yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan research and development. Metode validasi yang digunakan adalah validasi ahli, yaitu penentuan validasi suatu instrumen berdasarkan penilaian validator yang ahli di bidang tersebut. Validasi ahli dilakukan dengan mengkonsultasikan rancangan produk pengembangan kepada validator yang ahli, yaitu dosen Tadris Matematika IAIN Jember. Soal dikatakan valid apabila telah dilakukan validasi dan dikatakan valid oleh validator. Menurut validator, skor rata- rata untuk soal adalah 3,00 dan memenuhi indikator validasi sehingga soal tersebut dapat dikatakan valid. Selain itu soal dikatakan praktis apabila validator mengatakan bahwa soal tersebut dapat digunakan setelah melewati beberapa revisi sehingga memenuhi kategori baik. Hasil penelitian menghasilkan suatu produk soal matematika model olimpiade dengan materi Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variable sejumlah 8 soal berbentuk soal uraian non objektif.
IMPLEMENTASI TEORI FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Muhammad Zainul Arifin; Mega Nuris Salafinah
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i1.2

Abstract

kelulusan merupakan suatu hal yang sangat diharapkan oleh setiap mahasiswa, yang nantinya akan menjadi bekal seorang mahasiswa dalam menempuh jenjang selanjutnya ataupun untuk mencari pekerjaan, kelulusan mahasiswa juga sebagai penunjang akreditasi bagi perguruan tinggi. Yang menjadi masalah adalah apakah mahsiswa bisa lulus dengan maksimal atau tidak. Dalam penelitian ini, lebih memfokuskan bagaimana implementasi teori fuzzy dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa IAIN Jember. Teori fuzzy merupakan suatu teori banyak digunakan karena teori fuzyy mudah di mengerti, toleransi terhadap data yang kurang tepat. Pada penelitian ini digunakan teori fuzzy tsukamoto dengan 3 variabel input, variable input terdiri dari jumlah penerimaan peserta wisuda, jumlah mahasiswa, dan jumlah mahasiswa yang lulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat jumlah mahasiswa yang lulus dalam setiap tahunnya, dengan digunakannya teori fuzzy tsukamoto ini diharapkan dapat membantu seseorang dalam melihat jumlah mahasiswa yang lulus. Kata Kunci: Logika fuzzy, Metode tsukamoto, Variabel Input
Prediksi Awal Ramadhan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Zuraida Zurzaq; Silviani; Mohammad Mukhlis
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i2.4

Abstract

Penentuan awal Ramadhan pada umumnya menggunakan metode rukyatul hilal dan hisab. Permasalahan yang sering terjadi ketika menggunakan kedua metode tersebut yakni tidak menentunya pola dalam menentukan awal Ramadhan sehingga terjadi perbedaan pendapat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memprediksi awal Ramadhan yakni metode Tsukamoto sebab metode ini dapat menangani data-data yang tidak linier. Penelitian ini menggunakan variabel input berupa rasio awal Ramadhan satu ke awal Ramadhan berikutnya dari enam periode Ramadhan yang lalu yakni dari tahun 2014-2020 dan lama puasa Ramadhan pada setiap periodenya, sedangkan variabel output berupa awal Ramadhan. Hasil perhitungan menggunakan metode Tsukamoto tidak berbeda jauh dengan hasil perhitungan secara manual yakni untuk awal Ramadhan tahun 2020 jatuh 356 hari setelah awal Ramadhan pada tahun 2019, tanpa mengurangi ketepatan dalam perhitungan, metode ini dapat digunakan untuk mempermudah dalam menentukan prediksi awal Ramadhan.
PREDIKSI JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN IAIN JEMBER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES Nurul Afifah; Nurul Aini; Mohammad Mukhlis
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i1.5

Abstract

Penelitian dan pembaharuan yang terus dilakukan mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa dan ahli di era ini tentu tidak dapat dipisahkan dengan sumber literatur-literatur yang mewadahi. Perpustakaan sebagai pusat penyedia informasi tentu harus selalu meningkatkan kualitas dan pengelolaannya agar dapat memberikan kemafaatan yang maksimal. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui prediksi jumlah peningkatan pengunjung perpustakaan IAIN Jember di bulan yang sama pada tahun berikutnya. Data yang digunakan merupakan data jumlah pengunjung perpustakaan IAIN Jember pada Bulan Januari dan Februari di tahun 2020. Prediksi menggunakan metode Fuzzy Time Series dengan memproyeksikan data yang sudah ada untuk dibawa kedalam bentuk himpunan fuzzy dengan interval-interval yang ditentukan juga dalam bentuk data linguistik, yang kemudian dilakukan defuzzyfikasi untuk mengkomparasi hasil prediksi pada data linguistik yang digunakan. Setelah mendapatkan hasil prediksi dicari nilai AFER untuk memperkirakan nilai kesalahan dalam prediksi ini. Didapatkan hasil prediksi jumlah pengunjung perpustakaan di Bulan Januari dari minggu ke-1 sampai ke-4 diprediksi mencapai 429,50. Sedangkan pada Bulan Februari minggu ke-1 diprediksi mencapai 592,75 dan pada minggu ke-4 sebanyak 674,38. Kata Kunci: Perpustakaan, Peramalan, Fuzzy time series
MEMPERMUDAH PENENTUAN REWARD KARYAWAN OJEK ONLINE DENGAN PENERAPAN TEORI FUZZY Arif Rahman; Siti Ayu Nurjannah; Mohammad Mukhlis
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i1.6

Abstract

Ojek online adalah penyedia tranportasi yang tidak menetap dalam suatu daerah, untuk memesannyapun jika ojek pangkalan kita harus menemukan lokasi tempat mangkal ojek pangkalan, ojek online cukup hanya memesan melalui internet dan aplikasi kemudian kita menunggu ojek online nya datang. Perusahaan ojek online juga mempunyai penilaian terhadap driver-driver nya, juga pelanggan bisa memberikan penilaian terhadap driver ojek online, yaitu dengan pemberian rating bintang, biasanya penilaian pelangan pada driver dilihat dari pelayanan dan kinerja sang driver, hal ini yang menjadi  pertimbangan dari perusahaan ojek online itu sendiri untuk memberikan reward kepada driver ojek online. Metode penelitian ini menggunakan fuzzy logic dimana fuzzy logic adalah suatu cara untuk memetakan ruang input kedalam ruang output, dalam hal ini variabel input nya terdidri dari beberapa variabel yaitu diantaranya, variabel kinerja, variabel rating pelanggan, dua variabel ini memiliki semesta pembicaraannya masing-masing dimana dan dari variabel-variabel ini peneliti membuat himpunan fuzzynya, kemudian untuk variabel outputnya ialah pemberian reward kepada driver yang pantas sesuai dengan variabel-variabel input tadi. Tujuan penulisan ini ialah untuk mempermudah perusahaan ojek online untuk menentukan siapa yang pantas untuk menerima reward diantara driver-drivernya. Dan pada akhirnya perusahaan ojek online bisa menentukan siapa yang pantas menerima reward berdasarkan kinerja. Konsistensi, dan pelayanan ojek online pada pelanggannya.
Pengembangan Bahan Ajar Balok dan Kubus Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Candi Jolotundo Trawas Mojokerto Iid Fitria Ningrum; Fikri Apriyono
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i2.7

Abstract

Etnomatematika adalah suatu aktivitas kehidupan dari elemen-elemen masyarakat yang menjai rutinitas, atau ciri khas dari suatu daerah yang memiliki konsep-konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan proses pengembangan bahan ajar balok dan kubus berbasis etnomatematika dengan konteks candi Jolotundo Trawas Mojokerto. 2) Menjelaskan kelayakan bahan ajar balok dan kubus berbasis etnomatematika dengan konteks candi Jolotundo Trawas Mojokerto yang dilihat dari aspek kelayakan, kevalidan dan keefektifan suatu produk. Penelitan ini memperoleh kesimpulan 1) Proses pengembangan bahan ajar balok dan kubus dibagi menjadi beberapa thap diantaranya yaitu; Tahap pertama yang dilakukan ialah tahap Analysis (analisis). Dalam tahap ini terdapat 3 langkah, yaitu (1) Analisis kebutuhan; (2) Analisis karakteristik siswa; dan (3) Analisis Etnomatematika. Tahap kedua yang dilakukan ialah tahap Design (perancangan). Tahap ini merupakan tahap penyusunan desain LKS, serta penyusunan desain instrumen. Tahap ketiga ialah Development (pengembangan). Dalam tahap ini dilakukan penilaian oleh para ahli. Dari hasil penilaian tersebut diperoleh penilaian kevalidan dari LKS. Selanjutnya, tahap keempat ialah Implementation (penerapan). Pada tahap ini dilakukan uji coba kepada siswa SMP Penanggungan Ngoro Mojokerto kelas VIII-A dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan LKS yang telah dikembangkan. Sedangkan tahap kelima ialah Evaluation (evaluasi). Pada tahap ini diperoleh hasil penilaian yang digunakan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. 2)  Van den Nieveen dalam Rachmad (2010) menyatakan bahwa dalam penelitian pengembangan model pembelajaran perlu beberapa kriteria kualias atau kelayakan diantaranya; a) Kevalidan. Kriteria valid terpenuhi karena penilaian dari ketiga validator menghasilkan rata-rata total dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata mencapai 3,2; b) Kepraktisan. Kriteria praktis terpenuhi karena LKS yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata 3,9 dengan kriteria sangat baik dari angket respon siswa maupun guru yang sudah disebar; c) Keefektifan. Berdasarkan nilai post-test yang diberikan pada tahap uji coba, diperoleh data bahwa sebanyak 69% siswa dinyatakan tuntas. Dari ketiga aspek tersebut dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk dipergunakan.
MENENTUKAN KEBUTUHAN KALORI PADA WANITA REMAJA MENGGUNAKAN APLIKASI FUZZY INFERENCY SYSTEM METODE SUGENO Ayu Chinintya Lestari; Umi Mukarromatul Masruroh
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i1.8

Abstract

Masa remaja adalah masa pematangan fisik maupun psikologis, sehingga tak sedikit para wanita yang menginginkan tubuh yang sempurna dalam artian tubuh yang ideal. Padahal yang terpenting adalah mengetahui dan menjaga asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada penelitian ini, dibangun perangkat lunak yang dapat memudahkan wanita remaja dalam menentukan kebutuhan kalori usia 17-23 tahun. Metode yang digunakan adalah library research dengan analisis Fuzzy Sugeno untuk menentukan dan menghitung kebutuhan kalori pada wanita remaja dengan mempresentasikan IF-THEN, menginput umur, tinggi badan, dan berat badan sehingga menghasilkan output dalam bentuk konstanta dengan analisis kebenaran dalam standar ideal menentukan kebutuhan kalori wanita remaja sebesar 57%. Sedangkan analisis kebenaran dalam menentukan kebutuhan kalori wanita remaja menggunakan metode manual, standar idealnya sebesar 23%.
Studi Komparatif Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Jurusan Nouri Alfin Nabilah; Yunita Nury Wulandari; Hilda Amalia Pangertika
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2020): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa pada masing-masing jurusan. Tempat penelitian adalah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pada semua jurusan di MAN 1 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan dataset statistic yang didapat dari hasil ulangan harian matematika kelas XI KD 3.3 tentang menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif inferensial dengan uji One-Way Anova. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa disetiap jurusan, yakni jurusan Matematika-Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Program Keagamaan (PK), Bahasa, dan Bina Insan Cendekia (BIC). Jurusan sangat berpengaruh pada hasil belajar matematika, jika dilihat dari segi kemampuan nalar matematika maka jurusan BIC dan MIPA yang paling besar nilai hasil belajar matematikanya.
Pengembangan Soal Matematika Model Pisa pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Nurul Mardiyah; Nouri Alfin Nabilah; Khoirul Ibad Al A'rif Billah; Wardatul Jannah; Dimas Danar Septiadi
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2021): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v2i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri untuk siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development study. Analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa seperangkat soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri yang sebanyak 8 butir soal. Valid dari segi konten, konstruk, dan bahasa berdasarkan penilaian validator. Soal-soal ini juga memberikan stimulus kepada siswa untuk berpikir kritis menggunakan penalaran sendiri dalam penyelesaiannya. Aspek penting dalam pengembangan soal PISA ini adalah pemahaman konsep transformasi geometri dan kemampuan menggunakan angka untuk mewakili atribut kuantitatif objek dunia nyata. Soal disusun sesuai kerangka kerja (framework) PISA dan diadaptasikan dengan kurikulum K13 revisi pada kelas XI KD 3.5 tentang menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks dan KD 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi). Dari uji validasi didapatkan bahwa keseluruhan soal valid dengan rincian nilai validitas 2.8 untuk soal nomor 1 dan 2, nilai 3.3 untuk soal nomor 3 dan 4, nilai 2.9 untuk soal nomor 5 dan 6, serta nilai 2.4 untuk soal nomor 7 dan 8.
Logika Fuzzy dalam Penentuan Puncak Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pemberlakuan Physical Distancing dan Kuantitas Cuci Tangan Nouri Alfin Nabilah; Shinta Aktelia Devin; Mohammad Mukhlis
ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2021): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Publisher : HMPS Tadris Matematika FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/aritmatika.v2i1.11

Abstract

COVID-19 (Corona Virus Desease-19) adalah nama resmi peyakit yang sedang mewabah secara global saat ini. Langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi ini termasuk menjaga kontak fisik (physical distancing) dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian aksperimen menggunakan tahapan yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini akan digunakan Logika Fuzzy (fuzzy logic) dengan metode Tsukamoto, yakni dicari dengan cara mengubah input (berupa himpunan fuzzy yang diperoleh dari komposisi aturan-aturan fuzzy) menjadi suatu bilangan pada domain himpunan fuzzy tersebut. Panelitian ini bertujuan untuk memprediksi kapan terjadinya puncak pandemi COVID-19 dengan memperhatikan langkah pencegahan yakni awal dimulainya kebijakan pemberlakuan physical distancing dan kuantitas masyarakat dalam mencuci tangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa apabila pemberlakuan physical distanting dan kuantitas cuci tangan dilakukan secara baik dan seimbang maka maka puncak pandemi akan berlangsung pada tanggal 15 April 2020 dan rentang waktu tersebut termasuk terjadi secara cepat.  

Page 1 of 3 | Total Record : 29