ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2021): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Problematika Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa di Kelas pada Pembelajaran Matematika

Atik Ilaina Sanjaya (Jember)
Siti Rika Rizqi Pratama (Jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian terkait masalah-masalah yang dihadapi guru dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Melalui metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang membuat siswa kurang aktif dalam suatu pembelajaran, yaitu: 1) kompetensi yang dimiliki guru, 2) kurangnya motivasi belajar, 3) kesalahan guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun ...