Jurnal Sosial dan Teknologi
Vol. 1 No. 8 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH)

Supervisi Akademik dalam Perspektif Filsafat Esensialisme

Maryanto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2021

Abstract

Hakikat dari pendidikan merupakan proses transformasi diupayakan untuk mengubah input menjadi output. Berdasarkan sebuah transformasi perlu adanya suatu proses yang berjalan dengan benar, terjaga dan sesuai dengan yang telah ditetapkan agar menjadi output yang berkualitas. Peran lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang berkualitas dalam hal ini sangat diperlukan untuk melahirkan generasi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan agar guru dapat  meningkatkan keterampilan dalam proses mengajar  yang pada akhirnya diharapkan hasil belajar siswa juga meningkat Hal ini sejalan dengan pandangan bahwa semakin terampil seorang guru maka semakin besar pula potenasi peningkatan prestasi siswanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode yang berhubungan dengan disiplin mental yang dapat membentuk karakter siswa. Peran pengawas dalam pendidikan yang dilakukan oleh dinas. Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki peran utama sebagai pendukung proses pendidikan di sekolah. Jika ingin memberikan lebih dalam pemahaman tentang sumber-sumber supervisi pendidikan dalam perspektif epistemologi, yang merupakan salah satu cabang-cabang filsafat dan mengkaji asal usul suatu penyelidikan, dalam hal ini pengawasan pendidikan. Jika kita memahami sumber pendidikan supervisi, diharapkan supervisor mampu menjalankan perannya dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sostech

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social Technology is a journal published once a month by CV. Syntax Corporation Indonesia. The Journal of Social Technology will publish scientific articles in the broad scope of social sciences and broad technological sciences such as information systems, information technology, and ...