Latar belakang: Perkembangan teknologi pada masa revolusi industri 4.0 memiliki peran yang sangat penting dan juga merupakan langkah awal bagi pertumbuhan perdagangan pada negara Indonesia. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konteks yang membuat konsumen membeli barang impor di Shopee e-Commerce. Kami meneliti terhadap faktor-faktor yang membuat niat konsumen yaitu promosi online, konten pemasaran, rekomendasi yang dipersonalisasi dan ulasan sosial. Penelitian dilakukan terhadap masyarakat kota Batam yang menggunakan e-Commerce Shopee dengan menggunakan metode cluster-disproporsional-random dengan total sampel yang diambil sebanyak 145 responden dari semua responden tersebut terdapat 140 responden yang valid. Metode penelitian: Penelitian telah dilakukan dengan memakai metode pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan Google Form. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara uji regresi linear menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian: Hasil menunjukkan bahwa online promotion, personalized recommendation dan ulasan sosial berpengaruh positif terhadap niat membeli konsumen. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian kami ini, kami berharap penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk para pengusaha yang membuka toko di cross border e-commerce dengan memperhatikan faktor-faktor konteks yang membuat konsumen membeli barang impor di shopee e-Commerce.
Copyrights © 2021