Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 9, No 3 (2021): SEPTEMBER 2021

IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Siti Maryatul Kiptiyah (Universitas Negeri Semarang)
Panca Dewi Purwati (Universitas Negeri Semarang)
Uswatun Khasanah (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

AbstractThis research implementation a flipped classroom with ethnomathematics nuances in online learning for geometry and measurement courses to investigate its effect on increasing student independence and mathematical literacy skills. Face-to-face flipped classroom sessions with an ethnomathematical nuance are carried out online through zoom meetings and out-of-class sessions using an LMS in the form of Elena (Unnes elearning). This type of research is an experimental study using 35 samples of geometry and measurement class students selected by purposive random sampling technique in the Department of PGSD UNNES. The research instrument used a written test to measure mathematical literacy skills and a questionnaire to measure learning independence. The statistical tests in this research were the two-sample t-test, paired t-test, and gain test. The results showed an increase in learning independence and students' mathematical literacy skills by implementing an ethnomathematical flipped classroom with Elena's support for online learning of geometry and measurement.Keywords: flipped classroom; larning independence; mathematical literacy ability AbstrakPenelitian ini mengimplementasikan flipped classroom bernuansa etnomatematika pada pembelajaran daring mata kuliah geometri dan pengukuran untuk menyelidiki pengaruhnya terhadap peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan literasi matematika mahasiswa. Sesi tatap muka flipped classroom bernuansa etnomatematika dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan sesi luar kelas menggunakan LMS yang berupa Elena (e-learning Unnes). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan 35 sampel mahasiswa kelas geometri dan pengukuran yang dipilih dengan teknik purposive random sampling di Jurusan PGSD UNNES. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis untuk mengukur kemampuan literasi matematika dan kuesioner untuk mengukur kemandirian belajar. Uji statistik dalam penelitian ini yaitu uji t dua sampel, uji t berpasangan, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan literasi matematika mahasiswa dengan penerapan flipped classroom bernuansa etnomatematika dengan dukungan Elena pada pembelajaran daring geometri dan pengukuran.Kata Kunci: flipped classroom; kemampuan literasi matematika; kemandirian belajar  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp318-332

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...