Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
Vol 9, No 2 (2021): Volume 9 Nomor 2 Tahun 2021

Analisis Pemilihan Rekomendasi Produk Asuransi Jiwasraya Berdasarkan Kebutuhan Nasabah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Lis Saumi Ramdhani (Universitas Bina Sarana Informatika)
Dewi Qomara (Universitas Bina Sarana Informatika)
Erika Mutiara (Universitas Bina Sarana Informatika)
Jamal Maulana Hudin (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

AbstrakDengan semakin berkembangnya asuransi tentunya semakin banyaknya program yang ditawarkan, sehingga semakin menjadi daya tarik bagi calon nasabah yang ingin meggunakan jasa asuransi. Untuk setiap calon nasabah, program asuransi yang mereka butuhkan pasti berbeda. Sebagian calon nasabah sering dihadapkan dengan masalah dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kurangnya pemahaman nasabah terhadap produk yang ditawarkan. Untuk itu dalam memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat memperrmudah nasabah dalam mendapatkan informasi serta dapat membantu calon nasabah dalam memahami asuransi agar tidak keliru dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Sistem pendukung keputusan yang dibuat menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dimana kriteria yang digunakan berjumlah lima kriteria, yaitu usia, manfaat, kegunaan, masa pertanggungan dan cara bayar. Hasil yang diperoleh dari penelitian berupa hasil perangkingan pada setiap alternatif yang akan dijadikan sebagai alternatif terpilih dalam pemilihan produk asuransi yaitu produk asuransi Js Optima Assurance terpilih sebagai alternatif pertama dengan perolehan nilai tertinggi yaitu 82.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

swabumi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, ...