Community Empowerment
Vol 6 No 11 (2021)

Pelatihan pembuatan modul interaktif menggunakan aplikasi Liveworksheet bagi guru di SDN Wiwitan Bandung

Syifaul Fuada (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Nur’afni Fitria Fajriati (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring secara sepenuhnya, mulai dari KBM hingga evaluasi belajar. Hasil observasi pada sekolah SDN Wiwitan, Kampung Ciekek Desa Talun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, menunjukkan bahwa pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan metode daring mengalami kendala, yaitu siswa mulai bosan dengan aplikasi yang ada. Dengan demikian, guru-guru dituntut untuk melakukan pembaruan dalam pelaksanaan ujian agar ujian tetap formal dan tetap menyenangkan bagi siswa. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan aplikasi Liveworksheets untuk membantu guru membuat modul interaktif yang dapat memuat kegiatan ujian siswa dengan penilaian secara otomatis. Metode dalam KKN Tematik adalah pelatihan yang dilaksanakan secara daring dengan WhatsApp Group. Materi dibagi menjadi empat task dan disampaikan dalam dua tahap, serta diikuti oleh guru kelas III dan IV. Hasil pelatihan Liveworksheets daring menunjukkan bahwa guru-guru mampu mengoperasikan liveworksheets dengan baik. Implikasinya, guru-guru dapat menumbuhkan kreativitas dan minat untuk terus melakukan pembaruan pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ce

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Community empowerment is a medium for academicians, government, private companies, and social institutions to communicate community empowerment activities. Each published article is expected to provide new insights and inspire activities elsewhere on related ...