Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol 2, No 4 (2021): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN IPS

Zerri Rahman Hakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten)
Muhammad Taufik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten)
Melawati Sofiana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan penggunakaan model pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran, pada mata pelajaran ilmu pengetahuan soaial yang dinilai masih rendah pada SDN Serang 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Serang 2. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan instrument non tes berupa lembar obervasi dan dokumentasi. Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih  baik  dibandingkan  dengan kelas kontrol.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...