cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 103 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA SPEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 1 BOLA florius lepe
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 4 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i4.3525

Abstract

Supervisi klinis merupakan bentuk bimbingan profesional yang diberikan kepada guru berdasarkan kebutuhannnya melalui siklus yang sistematis yaitu perencanaan, observasi yang cermat atas pelaksanaan dan pengkajian hasil observasi dengan segera dan obyektif tentang penampilan mengajarnya. Siklus supervisi klinis sesuai dengan siklus dalam penelitian tindakan sekolah (PTS), masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. PTS ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 selama 4 bulan yaitu dari minggu kedua bulan Januari sampai dengan minggu kedua bulan Mei 2019, dengan sasaran 23 guru Mata Pelajaran. PTS dilaksanakan dalam dua siklus, dan dinyatakan berhasil apabila rata-rata capaian masing-masing indikator > 80%. Hasil Supervisi Pra siklus diperoleh data 1) kemampuan guru menyusun  RPP adalah 47,37% (Sangat kurang) dan 2) kemampuan guru dalam proses pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 adalah 35,79% (Sangat kurang). Melalui pendampingan pada Siklus I, diperoleh rata-rata pencapaian  Kompetensi pedagogik guru dalam: 1) menyusun  RPP adalah 62,41% (Kurang) dan 2) proses pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 adalah 51,05% (Baik). Dengan mengoptimalkan pembimbingan pada komponen yang termasuk kategori cukup dan kurang, pada Siklus II diperoleh rata-rata pencapaian  Kompetensi guru dalam: 1) menyusun  RPP menjadi 80,45% (Baik), dan 2) menyusun RPP menjadi 80,53% (Baik). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Bola dapat meningkatkan kompetensi guru kelas dalam mengelola pembelajaran.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MIPA SMAN 2 BOGOR Nevy Vilanti Kusdinan
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 2 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i2.2945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran PPKn Pokok Bahasan Peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian  terhadap siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Kota Bogor. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel dilakukan secara sengaja oleh peneliti yaitu sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes dan observasi. Proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Matematika melalui empat tahapan dengan dua siklus yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pra siklus menunjukkan hasil belajar siswa 13,9 %. Pada siklus pertama rata-rata Ketuntasan belajar siswa sebesar 33,3%. Pada Siklus kedua rata-rata Ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 91,7 %, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Mata Pelajaran Matematika Pokok bahasan Integral. Jadi, model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw ini bisa menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran Matematika.
INTEGRASI KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM AL AZHAR ASY SYARIF DI MTsN AL AZHAR ASY SYARIF INDONESIA Abdul Kadir Ahmad
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i3.3286

Abstract

Penelitian ini menganalisa penerapan adopsi adaptasi kurikulum Al Azhar Asy Syarif Mesir ke kurikulum 2013 di MTsN Al Azhar Asy Syarif (selanjurnya disebut Matasya) dan berupaya menemukan pengembangannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitiatif jenis deskriptif dengan cara memberikan gambaran naratif tentang proses implementasi model adopsi adaptasi kurikulum 2013 dan kurikulum al Azhar Asy Syarif Mesir di Matasya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan implementasi model kurikulum 2013 dan kurikulum Al Azhar Asy Syarif. 2) Menjelaskan cara mengadopsi dan mengadaptasi kedua kurikulum tersebut. 3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat Implementasi model adopsi keduanya. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa model adopsi adaptasi kurikulum 2013 dan Al Azhar Asy Syarif tidak meninggalkan KI KD yang digunakan dari Kemenag dan Kemendikbud. Dan faktor yang mendukung adopsi adaptif kedua kurikulum tersebut: koordinasi vertikal dan horizontal kepala madrasah, pemikiran inovatif kepala madrasah, dan komite madrasah dalam hal ini sepenuhnya mendukung madrasah kebijakan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: keterbatasan kemampuan berbahasa Arab dan keterbatasan alokasi waktu jam mata pelajaran Al Azhar Asy Syarif.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III MI NURUL HUDA 1 CURUG Evi Nurtikasari; Muhammad Fahri
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i1.2869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model scramble pada siswa kelas III MI Nurul Huda 1 Curug.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjeknya adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus 3 pertemuan. Hasil penelitian pada penelitian ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang meningkat yaitu siklus 1 rata-rata nilai 67,5, siklus 2 meningkat menjadi 74,85 dan siklus 3 meningkat menjadi 80,35. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Proyeksi Vektor Pada Peserta Didik Kelas X MIPA-3 Semester Genap SMA Negeri 1 Maumere Tahun Pelajaran 2016/2017 gaudensia a. ani yanti
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 4 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i4.3547

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus yang mengupayakan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere sebanyak 36 orang dengan komposisi 16 orang peserta didik laki – laki  dan 20 orang peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I berlangsung selama 2 kali pertemuan dan Siklus II selama 2 kali pertemuan. Hasil analisis kuantitatif menjelaskan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor peserta didik kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere, yang terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar Belajar Matematika materi Proyeksi Vektor peserta didik dari 27,78% menjadi 91,67%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Maumere meningkat sebesar 63,89 %, serta rata-rata prestasi belajar siklus I sebesar 67,11 dan pada siklus II sebesar 82,17. Ini berarti terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar Matematika materi Proyeksi Vektor sebesar 15,06 dari siklus I ke Siklus II.
PENGARUH METODE BERMAIN BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES TENTANG GERAK MENGGIRING BOLA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 5 KOTA BOGOR Heti Yuliati
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 2 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i2.2946

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola,  (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pendidikan olahraga tentang gerakan menggiring bola melalui metode bermain berpasangan. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA E SMAN 5 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain berpasangan  dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA E  SMA  Negeri 5 Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode bermain berpasangan hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 76% kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metode bermain berpasangan  menjadi 78,4% pada siklus 1 dan   81,1% pada siklus 2. Dengan demikian penggunaan metode bermain berpasangan  yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.
PROFIL GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR Ika Mei Oktaviani
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i3.3287

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  proses gaya belajar siswa berprestasi akademik  terbaik yang berada dikelas maupun di lingkungan rumahnya dan untuk mengetahui langkah seorang guru dalam menerapkan pembelajaran yang dianggap efektif terhadap proses gaya belajar siswa yang sangat berprestasi. Penelitian di laksnakan di sdn Cipelang Gede dan di rumah subjek penelitian.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif.alat pengumpul data yangdi gunakanadalah, wawancara, lembar tes modalitas , dan observasi pengolahan data dilakukan dengan tes modalitas  hasil penelitian menunjukan memiliki gaya belajar kinestetik yang mempunyaibakata seni tari. Dalam penelitian ini tes modalitas adalah penentu dalam suatu pegolahan data. Penyebab subjek memiliki gaya belajar kinestetikyaitu  subjek menyukai seni tari dari kecil, suka mengikuti sanggarseni senng sekali dalam seni tari.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DEGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY KELAS V MI UNWANUL HUDA 1 SAWANGAN Diana Aulia Jamil; Oking Setia Priatna; Suyud Arif
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i1.2870

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih. Rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Prngrtahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horray di kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan desain penelitian Tindakan Kelas meurut Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru, dan hasil observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 17 orang laki – laki dan 18 orang perempuan. Hasil nilai pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 60,57, pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 61,63, pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 72,06, sedangkan pada siklus 3 nilai rata-rata siswa adalah 81,15.
Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Untuk Anak Usia Dini Astri Ajeng Lestari; Edi Hendri Mulyana; Dindin Abdul Muiz
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 4 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i4.3555

Abstract

Unsur Engineering pada kegiatan Pembelajaran STEAM belum diterapkan di TK IP Assalam, hal ini terjadi karena Pendidik belum mengetahui kegiatan Pembelajaran STEAM. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk menganalisis Rancangan Unsur Engineering pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Subtema Kendaraan Darat untuk Anak Usia Dini. Alasan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis setiap unsur yang terdapat pada STEAM, sehingga Pembelajaran STEAM dapat dilaksanakan secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research dengan mengunakan tahap penelitian menurut McKenney & Reeves, yaitu: 1) Tahap Analisis dan Eksplorasi dan 2) Tahap Desain dan Konstruksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di TK IP Assalaam belum menggunakan model Pembelajaran STEAM, dikarenakan pendidik belum mengetahui kegiatan Pembelajaran STEAM, sehingga peneliti merancang kegiatan Pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini. Rancangan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan mengandung unsur Engineering dan relevan dengan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian yang sesuai dengan kurikulum 2013. Analisis kelayakan pada Unsur Engineering dalam Pembelajaran STEAM Subtema Kendaraan Darat untuk Anak Usia Dini, layak diujicobakan karena kegiatan Pembelajaran yang dirancang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran STEAM yaitu Ask, Imange, Try, Try Again dan sesuai dengan langkah-langkah Engineering Design Process yaitu Ask, Image, Plan, Try, dan Try Again. Adapun Aspek yang dikembangkan dari Unsur Engineering yaitu Kognitif, Bahasa dan Fisik Motorik.
IMPLEMENTASI PROGRAM MENTAL COACHING CHARACTER UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK SMAN 5 KOTA BOGOR Dewi Suhartini
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 2 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i2.2947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan Pendidikan karakter melalui program mental coaching character di SMAN 5 Kota Bogor. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA A,B,C,D,E,F dan X IPS A,B,C SMAN 5 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan secara garis besar terlihat berdasarkan hasil perolehan jumlah batu hitam dan batu putih, perolehan tertinggi diperoleh di kelas , X IPS C, X IPS B, X IPA F. Hal ini apabila dilihat berbanding lurus dengan hasil kuesioner yang diberikan. Kelas X IPS C mengalami peningkatan sebanyak 4 indikator, X IPS B memiliki nilai batu putih yang tinggi, namun masih memiliki batu hitam. Kelas X IPA F mengalami kenaikan sebanyak tiga indikator.

Page 1 of 11 | Total Record : 103