Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi

Rahmawati M (Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Nurlina Nurlina (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Lilianti Lilianti (Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Usman Usman (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Risnajayanti Risnajayanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Sitti Salma (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Wa Ode Sari Amaliah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Pendidik  di TK  memiliki peranan penting untuk meningkatkan berbagai kemampuan anak terutama pada masa keemasan anak. Guru sendiri memaksimalkan fase golden age yang mana jatuh pada usia taman kanak-kanak menggunakan berbagai metode mengajar dan turut melibatkan pihak orang tua untuk merancang pembelajaran anak usia dini.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  peran guru dalam merancang pembelajaran berbasis kearifan lokal di PAUD Al-Fath. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah  3 orang guru kelas, 2 orang tua siswa dan 1 kepala sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi  kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penyusunan pembelajaran berbasis kearifan  lokal dilakukan  dengan mencatat potensi yang ada dilingkungan  sekitar diantaranya adalah kondisi lingkungan masyarakat, adat kebiasaan yang berlaku dimasyarakat, bahasa yang digunakan, lagu daerah, makanan khas,  hasil kerajinan daearah dan permainan tradisional. Selain itu, dilakukan  berdasarkan pengalaman yang dilakukan di PAUD Al-Fath dan disusun berdasarkan unsur-unsur yang dibutuhkan dalam sebuah pengelolaan pembelajaran, kemudian diintegrasikan dengan kebutuhan terhadap pengenalan budaya lokal kepada anak usia dini dan kecintaan terhadap budaya lokal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...