JESA
Vol 5 No 1 (2021): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

KAJIAN SOSIOLINGUISTIK PADA TUTURAN PENYIAR RADIO DI KABUPATEN SUMEDANG

Risma Mei Lina (STKIP Sebelas April)
Dadang Gunadi (STKIP Sebelas April)
Dedi Irawan (STKIP Sebelas April)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Sebagai masyarakat bilingual dan multilingual, melakukan alih kode dan campur kode sering kali kita lakukan tanpa disadari dalam percakapan. Penyiar radio sebagai salah satu masyarakat bilingual dan multilingual sangat mungkin melakukan alih kode dan campur kode ketika siaran agar tercipta pembicaraan yang kreatif dan interaktif dengan pendengar. Lebih-lebih yang menarik dari sebuah radio adalah bahasanya. Penelitian bertujuan mendeskripsikan alih kode dan campur kode serta fungsi dan tujuannya dalam tuturan penyiar radio di Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik rekam, simak, catat, dan wawancara. ditemukan bahwa penyiar lebih banyak menggunakan alih kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Sunda dengan presentase 65%, alih kode dari bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia berpresentase 30%, dan 5% alih kode dari bahasa daerah ke dalam bahasa asing. Untuk campur kode yang digunakan penyiar, campur kode dari bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia lebih dominan digunakan dengan presentase 65%, campur kode dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia berpresentase 20%, campur kode dari bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia 12%, dan campur kode dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia berpresentase 3%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...