Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 7 No 2 (2018): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Mei Indra Jayanti (stkipbima.ac.id)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Selama ini tuntutan kompetensi lulusan mata kuliah masih sebatas pada kemampuan mengingat dan memahami yang masih merupakan kemampuan berpikir tingkat rendah. Sedangkan kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi masih belum dioptimalkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil implementasi model pembelajaran berbasis proyek sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa semester VI kelas C program studi pendidikan biologi STKIP Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model Pembelajarn Berbasis Proyek (PBP) selama 2 siklus. Analisis data peningkatan keterampilan berpikir kreatif dihitung menggunakan rumus gain skor (N-Gain) yang dibag dalam tiga kategori yakni rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa nilai gain skor (< g >) sebesar 0,154 yang berada pada kategori rendah meningkat pada siklus II menjadi 0,454 yang termasuk pada kategori sedang. Hal tersebut menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa semester VI kelas C program studi pendidikan biologi STKIP Bima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...