Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun rancangan penelitiannya yaitu melalui empat tahap dari setiap siklus yaitu dimulai tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran berbasis praktikum pada mahasiswa pendidikan Biologi tahun akademik 2017/2018. 2) Peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan akademik mahasiswa. Subyek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV kelas A yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini adalah berupa soal tes dengan bentuk soal pilihan ganda, yang terdiri dari 20 soal. Penelitian ini dihtung berdasarkan rumus ketuntasan individu dan klasikal, kemudian dilanjutkan dengan uji N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Ketuntasan Individu dan Ketuntasan Klasikal, maka proses pembelajaran siklus II mencapai peningkatan dengan 29 orang berkategori tuntas, dan dinyatakan tuntas secara klasikal dengan perolehan nilai sebesar 96,66%, maka diperoleh kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada peningkatan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran berbasis praktikum. 2) Ada peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan akademik mahasiswa melalui pembelajaran berbasis praktikum dengan persentase mahasiswa berkemampuan tinggi sebesar 46,67%, sedang sebesar 43,33%, dan rendah sebesar 10%. Menurut hasil uji N-Gain 46,67% berkategori tinggi, dan 53,33% berkategori sedang, yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif sangat baik
Copyrights © 2019