Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8 No 2 (2019): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Upaya peningkatan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran berbasis praktikum ditinjau dari kemampuan akademik mahasiswa

fahruddin fahruddin (stkipbima.ac.id)
Bakhtiar Bakhtiar (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2019

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun rancangan penelitiannya yaitu melalui empat tahap dari setiap siklus yaitu dimulai tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran berbasis praktikum pada mahasiswa pendidikan Biologi tahun akademik 2017/2018. 2) Peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan akademik mahasiswa. Subyek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV kelas A yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini adalah berupa soal tes dengan bentuk soal pilihan ganda, yang terdiri dari 20 soal. Penelitian ini dihtung berdasarkan rumus ketuntasan individu dan klasikal, kemudian dilanjutkan dengan uji N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Ketuntasan Individu dan Ketuntasan Klasikal, maka proses pembelajaran siklus II mencapai peningkatan dengan 29 orang berkategori tuntas, dan dinyatakan tuntas secara klasikal dengan perolehan nilai sebesar 96,66%, maka diperoleh kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada peningkatan hasil belajar kognitif melalui pembelajaran berbasis praktikum. 2) Ada peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan akademik mahasiswa melalui pembelajaran berbasis praktikum dengan persentase mahasiswa berkemampuan tinggi sebesar 46,67%, sedang sebesar 43,33%, dan rendah sebesar 10%. Menurut hasil uji N-Gain 46,67% berkategori tinggi, dan 53,33% berkategori sedang, yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif sangat baik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...