Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 10 No 1 (2021): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Perbandingan Hasil Belajar Biologi Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Pokok Bahasan Tulang dan Otot

Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah (STKIP Bima)
Erni Suryani (STKIP Bima)
Nehru Nehru (STKIP Bima)
Olahairullah Olahairullah (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian bertujuan melihat perbandingan hasil belajar biologi model problem based learning berbantuan LKPD pada pokok bahasan tulang dan otot. Jenis penelitian yaitu eksperimen Pre-Exsperimental Designs Sampel penelitian kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Kota Bima sebanyak 32 Peserta didik didesain secara Intact-Group Comparison. Berdasarkan hasil analisi data menggunakar rumus uji t, dimana nilai t-hitung lebih besar nilai t-tabel (-0,43 ≤ 3,1) atau H0 diterima sedangkan Ha ditolak dapat dinyatakan tidak terdapat perbandingan antara hasil belajar biologi model problem based learning berbantuan LKPD pada pokok bahasan tulang dengan hasil belajar biologi model problem based learning berbantuan LKPD pada pokok bahasan otot. Namun jika dilihat secara spesifik dari nilai rata-rata dan jumlah peserta didik mendapat nilai tertinggi (interval 85 – 100) lebih tinggi pada hasil belajar pokok bahasan otot. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbandingan pencapaian hasil belajarnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...