Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 1 (2020): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISOR DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI MI NURUL HIDAYAH JRENGIK SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Siti Farida (IAI Nazhatut Thullab Sampang)
Fitrotin Jamilah (Institut Pesantren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto)
Ruqoyyah (IAI Nazhatut Thullab Sampang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Perlunya profesionalisasi dalam pendidikan secara tidak langsung mewajibkan seluruh anggota profesi (guru) harus meningkatkan kemampuan kinerjanya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat melalui dunia pendidikan. Tingkat keberhasilan kinerja yang dicapai guru dapat diketahui melalui kegiatan supervisi Akademik yang dilakukan oleh supervisor. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk Mengetahui adakah tidaknya pengaruh kompetensi supervisor dan supervisi akademik terhadap kinerja guru di MI Nurul Hidayah Muncek Jrengik Sampang. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi supervisor dan supervisi akademik terhadap kinerja guru di MI Nurul Hidayah Muncek Jrengik Sampang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif yaitu analisis data statistik dengan instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Olah data hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi supervisor dan supervisi akademik terhadap kinerja guru menunjukkan bahwa nilai Sig untuk variabel Kompetensi Supervisor (X1) adalah 0,071 dan untuk variabel Supervisi Akademik (X2) adalah 0,069. Artinya 0,071 > dari 0,05 dan 0,069 > dari 0,05 yang artinya adalah Kompetensi supervisor dan supervisi akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di MI Nurul Hidayah Muncek Jrengik Sampang. Dan hasil perhitungan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kompetensi supervisor dan supervisi akademik pengaruhnya terhadap kinerja guru berada pada kisaran angka 41,6% hal itu menunjukkan bahwa variabel kompetensi supervisor dan supervisi akademik pengaruhnya tidak signifikan terhadap variabel kinerja guru dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusiana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science

Description

Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan ...