STEAM Engineering : Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering
Vol. 2 No. 2 (2021): STEAM Engineering, Vol. 2, No. 2, Maret 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQURIY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM HIDROLIK

Tommy Pusmana Keliat (Unknown)
Wiyogo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi perbaikan sistem hidrolik. Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas X TKRO SMKN 1 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen dalam penelitian ini adalah bentuk tes hasil belajar yang diberikan setelah dilakukan perlakuan penerapan model pembelajaran inquiry selama empat kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai siswa berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78,27 sebanyak 27 orang sedangkan 2 orang siswa di bawah KKM. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran inquiri efektif digunakan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPTM

Publisher

Subject

Automotive Engineering Energy Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

STEAM Engineering receives articles in the scope of Science and Technology in Mechanical Engineering such as the results of research in the fields of Energy Conversion, Renewable Energy, Manufacturing, Metallurgy, Design, and Automotive; and Vocational Education includes research results on Theory ...