STEAM Engineering : Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering
Vol. 3 No. 1 (2021): STEAM Engineering, Vol. 3, No. 1, September 2021

PERSEPSI DAN TINGKAT KEPENTINGAN PADA KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM

Aldi Riwanto (UPR)
Wiyogo (Unknown)
Ratna Pancawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kualitas pembelajaran praktikum berdasarkan persepsi dan kepentingan yang diberikan responden. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test, nilai Z adalah -2,666 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,008 yaitu apabila kurang dari batas kritis penelitian 0,05 berarti tidak terdapat perbedaan bermakna antara persepsi dan kepentingan. Pemetaan dengan diagram kartesius  untuk menggambarkan posisi faktor-faktor yang menjadi keinginan responden dan mencari prioritas penting untuk dilakukan perbaikan. Indikator mutu “respon yang cepat terhadap program yang baru”, menjadi prioritas utama perbaikan terdapat pada kuadaran A. Responden merasakan atribut tersebut sangat penting dan mempunyai harapan tinggi, tetapi responden belum merasakan kinerja yang maksimal. Pada usulan prioritas perbaikan, akan  berimplikasi manajerialnya secara keseluruhan pada kuadran A, dan B sehingga tidak terjadi penilaian secara subjektif, yang keterkaitan antara hasil penelitian sesuai analisis kesenjangan, kesesuaian, dan uji beda secara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPTM

Publisher

Subject

Automotive Engineering Energy Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

STEAM Engineering receives articles in the scope of Science and Technology in Mechanical Engineering such as the results of research in the fields of Energy Conversion, Renewable Energy, Manufacturing, Metallurgy, Design, and Automotive; and Vocational Education includes research results on Theory ...