Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.1, Mei 2019

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGUSAHA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MENGAJUKAN PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG ACEH

Nurul Azmi (Universitas Syiah Kuala)
Muhammad Haris Riyaldi (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of knowledge, motivation, reputation and location on the interests of SME’s (Micro, Small, Medium Enterprises) entrepreneurs to propose financing in Islamic banks (Bank Syariah Mandiri). The research  used quantitative research. The population in this research is the SME’s customers who applied for financing in Bank Syariah Mandiri (BSM) branch office Aceh. The technique of sampling method used simple random sampling and retrieved samples of 95 respondents. For data analysis method, using multiple linear regression analysis with SPSS. The results of this study indicated that knowledge, motivation, reputation and location simultaneously affect the interest. Partially, the result shows that knowledge, reputation and location have a significant effect on interest. While the motivation does not affect the interest of SME’s entrepreneurs to propose financing in Islamic banks.Keywords: interest, knowledge, motivation, reputation and location AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, reputasi dan lokasi terhadap minat pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) mengajukan pembiayaan di bank syariah, tepatnya di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah UMKM yang mengajukan pembiayaan pada BSM Kantor Cabang Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian 95 responden. Untuk metode analisis data, menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, motivasi, reputasi dan lokasi secara simultan mempengaruhi minat. Secara parsial, penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, reputasi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat. Sementara motivasi tidak berpengaruh terhadap minat pengusaha UMKM mengajukan pembiayaan di bank syariah. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EKI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)) merupakan jurnal ilmiah dwi tahunan bidang Ekonomi Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), DPW Aceh sejak ...