Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.1, Mei 2019

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK RAHN PADA PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh)

Laila Maghfirah (Universitas Syiah Kuala)
Ridwan Nurdin (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location on the interest of customers using rahn products on syaria pawnshops. The research  used quantitative research. The population in this research is all customers who used rahn products on syaria pawnshops. The technique of sampling method used convenience sampling and retrieved samples of 100 respondents. For data analysis method, using multiple linear regression analysis with SPSS. The results of this study indicated that promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location simultaneously affect the interest. Partially, the result shows that promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location have a significant effect on the interest of customers using rahn products at the Banda Aceh Syariah Pawnshop Head Office.Keywords: Interest, promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi, prosedur pencairan pinjaman, alasan syariah, dan lokasi terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn pada pegadaian syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan produk rahn pada pegadaian syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dan diperoleh sampel penelitian 100 responden. Untuk metode analisis data, menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, prosedur pencairan pinjaman, alasan syariah, dan lokasi secara simultan mempengaruhi minat. Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, prosedur pencairan pinjaman, alasan syariah, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EKI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)) merupakan jurnal ilmiah dwi tahunan bidang Ekonomi Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), DPW Aceh sejak ...