Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
Vol 1 No 2 (2020): Agustus

EFEKTIVITAS MODEL OPEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI EKOSISTEM

Eva Yuliana (Dosen Pendidikan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiralodara Indramayu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model open inquiry terhadap keterampilan proses sains pada materi ekosistem di MAN 1 Indramayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen, menggunakan statistik parametrik dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Indramayu yang berjumlah 185 siswa dengan sempel dua kelas yaitu kelas X MIA 1 berjumlah 25 siswa dan X MIA 2 berjumlah 20 siswa dengan teknik penarikan sampel cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lima butir soal uraian. Hasil pengolahan dan analisis data keterampilan proses sains diperoleh hasil uji hipotesis sebagai berikut: thitung= 6,0215 dan ttabel= 1,671. Karena Thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya model open inquiry efektif terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains (JIPS) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan di bidang pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi. Semua manuskrip yang dikirimkan akan dikenakan proses review setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh ...