Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019

Analisis Pengaruh CAR, NPL, NIM dan LDR terhadap Return on Asset (Studi Pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di BEI)

Meiske Wenno (Unknown)
Anna Siyatul Laili (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Net Interest Margin dan Loan to Deposit Ratio terhadap Return On Assets Bank Umum Konvensional yang tercatat di BEI. Populasi yang digunakan adalah Bank Umum Konvensional yang tercatat di BEI. Setelah melakukan tahap purposive sampling, maka sampel yang digunakan sebanyak 12 bank. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil temuan penelitian ini bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap ROA, Non Performing Loan(NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, Net Interest Margin (NIM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA dan Loan to Deposit Ratio (LDR)  memberikan pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap ROA. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah mendorong pihak manajemen bank untuk menetapkan strategi guna memaksimalkan profitabilitasnya dengan mempertimbangkan rasio kecukupan modal, risiko kredit dan risiko likuiditas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...