cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnalinobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 261 Documents
Stimulus Iklan, Positive Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Belanja Impulsif: Dampak Mediasi Motif Hedonis Pembelanja Online Nani Ernawati
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.54 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.188

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji kerangka teoritis yang menjelaskan bagaimana peran mediasi motivasi belanja hedonis dalam hubungannya dengan stimulus iklan, cerita dari mulut ke mulut (electronics word of mouth-eWOM), dan belanja impulsif pembelanja secara daring (online). Survey dilakukan terhadap 384 warga Kota Bandung yang dipilih dengan metode systematic random sampling. Data dihimpun dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup yang telah diuji aspek validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur, yaitu salah satu varian analisis regresi. Penelitian dilakukan pada bulan Maret s.d April 2021 dan hasilnya menunjukan menunjukkan bahwa stimulus iklan berpengaruh positif langsung terhadap motivasi belanja hedonis dan belanja impulsif pembelanja online. Sementara, eWOM tidak berpengaruh terhadap motivasi belanja hedonis tetapi berpengaruh langsung terhadap belanja impulsif. Selain itu, terbukti motif belanja hedonis memediasi pengaruh stimulus iklan terhadap belanja impulsif. Pengiklanan yang masif dan persuasif tampaknya harus dijadikan strategi andalan bagi setiap lokapasar untuk membangkitkan motif belanja hedonis dan perilaku belanja impulsif pembelanja toko online. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi rujukan alternatif bagi peneliti dan praktisi dalam memahami peran motif belanja hedonis dan perilaku belanja impulsif.
Efek Green Perceived Value dan Risk terhadap Green Repurchase Intention: Green Trust sebagai Pemediasi pada Pengguna Pertalite di Kota Ternate Ardhy La Mada; Ida Hidayanti; Ibnu Sina Hi Yusuf
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.848 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Perceived Value dan Green Perceived Risk terhadap Green Repurchase Intention, dengan Green Trut sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi masyarakat Kota Ternate yang menggunakan BBM jenis Pertalite pada kendaraan bermotor dengan metode pengambilan sampel yaitu Non Probability Sampling dan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis jalur, uji F, uji t dan uji sobel dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: green perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust dan green repurchase intention, green perceived risk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green trust dan green perceived risk berpengaruh negatif dan tidak signifikan green repurchase intention, green trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap green repurchase intention, green trust dapat memediasi pengaruh green perceived value ke green repurchase intention, green trust dapat memediasi pengaruh green perceived risk ke green repurchase intention.
Kajian Conditional Beta di Bursa Efek Indonesia Yuvica Lara Rovantiane; Robiyanto Robiyanto
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.871 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.186

Abstract

Penelitian ini mengkaji risiko sistematis pada dua periode pasar yang berbeda (bearish dan bullish) di Bursa Efek Indonesia (BEI), serta meneliti apakah terdapat perbedaan risiko sistematis pada kedua periode pasar tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harga saham penutupan harian saham terpilih dan penutupan harian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) periode 2 Januari 2017 sampai dengan 30 Desember 2020, dengan data yang diperoleh dari Investing.com. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan kriteria tidak pernah melakukan stock split, tidak pernah dihentikan sementara (suspensed), dan diperdagangkan secara aktif selama periode pengamatan, agar tidak terjadi bias. Sebanyak 20 saham ditemukan yang memenuhi kriteria tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara bull dan bear beta. Kemudian, tidak ada perbedaan antara periode keseluruhan dan bull atau bear beta. Temuan menyiratkan bahwa investor dan manajer portofolio dapat menggunakan semua periode beta sebagai proksi risiko sistematis mereka.
Impacts of COVID-19 Pandemic on Employees’ Anxiety and Safety Behavior at Higher Educational Institutions in Banjarmasin Rizky Nastiti; Devi Rusvitawati
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.008 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.184

Abstract

The policy to return to work amidst the pandemic has caused anxiety among employees, including those who work at universities and colleges. In order to maintain organization’s performance in the era of COVID-19, the management needs to pay attention to employees’ adjustment and well-being. Moreover, figuring out employees’ anxiety level and safety behavior during the pandemic will help the managements ease their employees’ anxiety and improve their work performance. Thus, this study focuses on the impacts of COVID-19 on employees’ anxiety and safety behavior at higher educational institutions in Banjarmasin. A total of 78 responses were collected from employees of higher educational institutions in Banjarmasin. From the data analysis, it was found that physical concerns and psychological concerns had significant impacts on anxiety and safety behavior. This study offers suggestions for institutions to provide adequate protective equipment safety and enforce their human resource management to help their employees cope with new work environment.
Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Dita Rimbawati Dewi; Dian Anita Nuswantara
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.37 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i3.185

Abstract

This study aims to examine the effect of deferred tax expense and tax planning on earnings management. This research is a quantitative study using secondary data from financial reports and annual reports of manufacturing companies sub-sector consumer good indutry listed on the Indonesia Stock Exchange from 2014 until 2018. The sample selection uses a purposive sampling method. Data analysis techniques using multiple regression analysis with SPSS 23. The results of this study are the variable tax planning has a positive influence on earnings management. The variable deferred tax expense does not have a significant effect on earnings management because management has limitations in determining the amount of deffered tax expense.
Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019) Ikhram Hafiz Rahmadi; Ali Mutasowifin
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.292 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.183

Abstract

Berlainan dengan asset tradisional yang berwujud, intellectual capital merupakan hidden value yang kurang memperoleh perhatian. Penelitian ini menguji pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode value added intellectual coefficient (VAIC) sebagai indikator untuk menghitung nilai intellectual capital perusahaan. Kinerja keuangan diukur oleh empat indikator yaitu Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Debt to Assets (DAR) dan Debt to Equity (DER). Nilai Perusahaan diukur oleh indikator Earning per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), Price to Book Value Ratio (PBV), dan Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS) dengan memanfaatkan aplikasi SmartPLS versi 3.2.2. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan pada Bursa Efek Indonesia pada 2017-2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai perusahaan.
Pengaruh Komitmen Organisasional dan Pemberdayaan terhadap Kinerja Pegawai pada RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate Irawati Irawati; Adnan Rajak; Zulkifli Zulkifli; Rahmat Sabuhari
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.72 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.182

Abstract

Setiap pemimpin diharapkan mampu mengarahkan pegawai untuk mencapai visi dan misi organisasi melalui komitmen dan pemberdayaan pegawai. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung secara parsial komitmen organisasional dan pemberdayaan terhadap kinerja pegawai; dan pengaruh langsung secara simultan pada RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate. Alat uji yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistical package for social scientists (SPSS) sebagai alat uji statistik. Responden yang dijadikan sampel sebagai unit analisis sebanyak 84 pegawai. Hasil penelitian menunjukan bahwa: secara parsial komitmen organisasi dan pemberdayaa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai; secara simultan komitmen organisasi dan pemberdayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Atasan langsung pegawai perlu membangun keharmonisan hubungan kerja dalam melakukan pengawasan di tempat kerja; memberikan kesempatan untuk memanfaatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas lain dalam bekerja; mengevaluasi dan menerapkan disiplin kerja pegawai secara adil.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berdonasi Melalui Platform Crowdfunding Celine Linardi; Triasesiarta Nur
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.725 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.181

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan norma subjektif terhadap minat mahasiswa berdonasi pada platform crowdfunding. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa/ mahasiswi yang berdomisili di Jabodetabek sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regesi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel persepsi kegunaan berpengaruh tidak signifikan terhadap minat mahasiswa berdonasi melalui platform crowdfunding. Sedangkan, persepsi kemudahan, kepercayaan, dan norma subjektif berpengaruh signifikan tehadap minat mahasiswa berdonasi melalui platform tersebut.
Peran Komitmen Organisasional Sebagai Mediator Pengaruh Keadilan Prosedural dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Karyawan PT Patrari Jaya Utama Sumijan Sumijan
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.265 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.180

Abstract

The purpose of this study was to examine and analyze the effect of Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Commitment; to examine and analyze the effect of Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Citizenship Behavior; to test and analyze the effect of Organizational Commitment on Organizational Citizenship Behavior; to test and analyze which influence is greater between the direct influence of Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Citizenship Behavior through Organizational Commitment with or indirect influence. In this study, the research sample will be the population of all employees of PT Patrari Jaya Utama, so the technique used in this study is a census of 65 employees. The analysis tool used is Multiple Linear Regression Analysis and Path Analysis. The results showed that there was a significant influence between Procedural Justice and Job Satisfaction on Organizational Commitment: There was a significant influence between Procedural Justice on Organizational Citizenship Behavior; There is no influence between job satisfaction on Organizational Citizenship Behavior; There is a significant influence between Organizational Commitment to Organizational Citizenship Behavior.
Kolaborasi dan Sinergitas Antar Stakeholder dalam Pembangunan Berkelanjutan Sektor Pariwisata Di Kebun Raya Cibinong Mahardhika Berliandaldo; Achmad Chodiq; Driszal Fryantoni
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.02 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.179

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata saat ini membutuhkan keterlibatan berbagai stakeholder dari berbagai kalangan. Peran stakeholder disesuaikan dengan tugas dan tanggungjawab yang dimiliki agar hasil yang dicapai dapat berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi para stakeholder yang terlibat dan melakukan Analisa peran stakeholder berdasarkan pengaruh (power) dan kepentingannya (interest), Selain itu, dilakukan analisis keterlibatan masing-masing stakeholder serta mengukur dampak yang terjadi atas pelaksanaan kolaborasi dan sinergitas antar stakeholder. Hasil identifikasi stakeholder menunjukan pengelompokan kedalam dua konteks yaitu stakeholder primer yang terdiri dari LIPI dan Pemerintah Kabupaten Bogor, serta stakeholder sekunder yang terdiri dari Kementerian PUPR, Dinas PUPR Kab. Bogor, Mitra Pengelola Kebun Raya, dan Pelaksana TJSL Kab. Bogor. Untuk mendukung keberhasilan dalam pengembangan pariwisata, maka dilakukan analisis peran dari masing-masing stakeholder. Hasil analisis menunjukan para stakeholder terbagi kedalam empat kategori analisis peran berdasarkan kepentingan dan Pengaruh, yakni sebagai Subyek (subjects), sebagai Pemain Kunci (key player), sebagai Pengikut Lain (crowd), dan sebagai Pendukung (Contest Setters). Pembagian peran dan tanggung jawab masing-masing stakeholder dapat mempercepat proses pembangunan sektor pariwisata yang dilakukan di Kebun Raya Cibinong. Dampak dari adanya pembangunan dan pengembangan Kebun Raya Cibinong dapat terlihat dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hal yang paling jelas terlihat adalah adanya peningkatan penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi sekitar Kawasan kebun raya, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Page 1 of 27 | Total Record : 261


Filter by Year

2017 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022 Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022 Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022 Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022 Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021 Vol. 4 No. 4 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2021 Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021 Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021 Vol. 4 No. 1 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2020 Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020 Vol. 3 No. 3 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2020 Vol. 3 No. 2 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2020 Vol. 3 No. 1 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2019 Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019 Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019 Vol. 2 No. 2 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2019 Vol. 2 No. 1 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2018 Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018 Vol. 1 No. 3 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2018 Vol. 1 No. 2 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2018 Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017 More Issue