GEMA KESEHATAN LINGKUNGAN
Vol 13, No 3 (2015): Gema Kesehatan Lingkungan

ANALISIS KANDUNGAN ZAT PEWARNA Rhodamin B PADA SAUS JAJANAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN PEDAGANG DI SEKOLAH DASAR NEGERI (Studi Kasus di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015)

Aprillina Yunita (Unknown)
Mamik . (Unknown)
Sukiran Al Jauhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Rhodamin B merupakan zat warna tambahan yang dilarang penggunaannya dalam produkpangan.Tujuan penelitian mengetahui kandungan Rhodamin B secara kualitatif saus jajanan yang di jual disekolah dasar serta untuk mengetahui besar tingkat pengetahuan pedagang tentang penggunaanzat pewarna sintetik yang dilarang penggunaannya.Penelitian ini bersifat “Deskriptif” menggambarkan ada tidaknya kandungan Rhodamin B pada sausyang dijual di Sekolah Dasar Negeri. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu semua merksaus yang dijual pedagang jajanan di Sekolah Dasar Negeri dan pedagang tetap yang ada di 31Sekolah Dasar Negeri. Analisa data dilakukan secara deskriptif yaitu pemeriksaan organoleptik,pemeriksaan kimia, serta tingkat pengetahuan pedagang saus . Hasil pemeriksaan fisik saus bahwa 2 dari 3 sampel tidak menampakkan ciri  yang mengandung Rhodamin B sedangkan 1 sampel menampakkan ciri yang mengandung Rhodamin B. Penilaiantingkat pengetahuan pedagang jajanan bahwa 3 pedagang memiliki pengetahuan “Kurang”dan 28pedagang memiliki pengetahuan “Cukup”. Sebagian besar saus menunjukkan ciri penggunaan Rhodamin B dan produsen yang positifmenggunakan saus mengandung Rhodamin B mempunyai pengetahuan “Cukup”. Masyarakatsebagai pembeli harus teliti dalam membeli jajanan yang menggunakan saus, dan harus telitidalam mengetahui ciri-ciri saus yang mengandung Rhodamin B.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

KESLING

Publisher

Subject

Environmental Science Health Professions Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal ini menerima artikel dengan scope sanitasi lingkungan meliputi penyehatan air, pengolahan limbah, penyehatan makanan minuman, penyehatan tanah dan pengolahan sampah, sanitasi tempat umum, kesehatan keselamatan kerja, penyehatan udara sanitasi permukiman dan promosi kesehatan. ...