Cybernetics: Journal of Research and Educational Studies
Volume 2 Nomor 2 April 2021

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Kemahakuasaan Allah Pelajaran Agama Kristen Melalui Metode Tanya Jawab Di Kelas XI SMK Negeri Negeri 2 Siatas Barita T.A. 2020/2021

Jeslin Simatupang (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk usaha meningkatkan motivasi belajar Agama Kristen melalui metode tanya jawab pada kompetensi dasar kemahakuasaan Allah di Kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Siatas Barita yang berjumlah 20 orang siswa. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar untuk belajar Agama Kristen khususnya kompetensi dasar kemahakuasaan Allah. Untuk memperoleh data dilakukan observasi yang dibantu dengan alat pengumpul data dengan lembar observasi dan analisis, berdasarkan hasil penelitian tindakan yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pada penelitian tindakan awal di peroleh hasi bahwa kemampuan awal siswa terlihat bahwa hanya 2 orang siswa (10%) dengan nilai 90 yang telah berhasil mendapatkan ketuntasan pembelajaran sedangkan sisanya 18 orang siswa (90%) belum berhasil dalam menuntaskan hasil belajarnya siklus I Sebanyak 4 orang siswa (20%) dengan nilai capaian 70. Sedangkan sisanya 16 orang siswa (80%) belum tuntas mencapai ketuntasan minimum belajar, Sementara pada siklus II Terlihat bahwa dari 20 orang siswa sebayak 18 (98) orang yang telah tuntas mencapai ketuntasan minimum pembelajaran sementara 2 (2%) orang belum tuntas dalam mencapai ketuntasan pembelajaran. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam mempelajari Agama Kristen terkhususnya kompetensi dasar kemahakuasaan Allah dengan menggunakan metode tanyajawab.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrss

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cybernetics is Journal of Research and Educational Studies diperuntukkan sebagai sarana publikasi bagi para pendidik seperti Guru, Dosen, Pengawas, Konsultan, mahasiswa, dan peneliti untuk menyumbangkan hasil studi dan penelitiannya di bidang yang berkaitan dengan pendidikan dan ...