Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA

Manfaat Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Terhadap Mutu Proses Pembelajaran

Nurul Fatonah (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Dana mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses pembelajaran karena merupakan salah satu faktor yang menunjang mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat dana BOS terhadap mutu proses pembelajaran. Penelitian berlokasi di SDIT Assalam Garut Kota mengingat aktualisasi permasalahan yang diteliti serta ketersediaan pihak sekolah dalam mendukung kelancaran penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif inverensial yaitu menggambarkan kondisi sebenarnya dengan statistika sebagai alat ukur dalam pengujiannya. Dengan pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan angket Analisis data dilaksanakan dengan cara mengidentifikasi data yang tersusun dalam tabel berdasarkan klasifikasi masalah dan penafsiran tabel – tabel dengan menggunakan skala interval. Dan selanjutnya untuk menghitung nilai korelasi dengan menggunakan rank spearman. Adapun jumlah respondennya yaitu 22 orang yang merupakan pendidik yang sedang mengajar. Hasil yang diperoleh diambil kesimpulan bahwa terdapat korelasi atas pengaruh kontribusi manfaat dana bantuan operasional sekolah (Variabel X) terhadap mutu proses pembelajaran (Variabel Y) dengan nilai korelasi sebesar 0,52. Angka ini termasuk kedalam kriterai cukup kuat. Dengan demikian manfaat dana BOS memberikan pengaruh cukup kuat terhadap mutu proses pembelajaran. Adapun besarnya kontribusi pengaruh kontribusi manfaat dana BOS terhadap mutu proses pembelajaran sebesar 27%. Sedangkan sisanya sebesar 73% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...