Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia
Vol 5, No 2 (2021)

DAMPAK MEDIA VIDEO BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN MATERI LARUTAN ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Fhonna, Sarah Nadya (Unknown)
Gani, Abdul (Unknown)
Nasir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2021

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir siswa dapat disebabkan oleh strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran belum berorientasi pada pemberdayaan berpikir tingkat tinggi, dan hanya menekankan pada pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan media video berbasis powerpoint pada materi larutan asam-basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen menggunakan desain one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 130 peserta didik yang terbagi ke dalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini di pilih dengan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas XI MIA 1 yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk 14 soal pilihan ganda, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak setelah uji prasyarat terpenuhi. Hasil analisis data diperoleh 20,073 dengan α=0,05 dan dk=14 maka diperoleh=2,14 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah dibelajarkan melalui penerapan media video berbasis powerpoint pada materi larutan asam basa. Data aktivitas dan tanggapan peserta didik diolah secara deskriptif sehingga diperoleh hasil bahwa 85,95% peserta didik melakukan aktivitas yang diharapkan serta tanggapan peserta didik terhadap penerapan media video berbasis powerpoint diperoleh sebesar 93,17% yang tergolong dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia is a scientific journal published by the Department of Chemistry Education of Ganesha University of Education. This journal aims to accommodate the articles of research results and results of community service in the field of education and learning. In the end this ...