JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia)
Vol 2, No 4: November (2021)

Pelatihan Maple untuk Kalkulus Bagi Guru-Guru Matematika Sekolah Candle Tree Serpong Utara Tangerang Selatan Banten dan Sekitarnya

Christina Eni Pujiastuti (Universitas Trisakti)
Joko Riyono (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Abstrak: Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang cukup sulit bahkan mungkin membosankan bagi sebagian siswa. Untuk itu diperlukan sebuah cara pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Suatu bahan ajar yang menarik dan interaktif akan sangat mendukung proses pembelajaran menjadi lebih baik. Dari hasil diskusi penulis dengan beberapa guru dari sekolah Candle Tree Serpong Utara Tangerang Selatan Banten yang kemudian menjadi Mitra program pengabdian kepada masyarakat disepakati bahwa perlu diadakan pelatihan perangkat lunak Maple bagi guru-guru tersebut. Tujuan dari Pelatihan ini agar guru mengenal perangkat lunak Maple dan dapat menggunakannya dalam proses pembelajaran matematika di sekolahnya. Disebabkan pandemi COVID-19 yang masih terjadi, maka pelatihan dilaksanakan secara daring dengan zoom meeting. Diawali dengan penyampaian teori Kalkulus dilanjutkan dengan pengenalan perangkat lunak Maple dan terakhir dengan demo pembuatan program sederhana untuk Kalkulus dan menggambar grafik animasi. Uji awal dan uji paska tentang Maple dilakukan untuk mengetahui hasil dari pelatihan ini. Hasil menunjukkan kenaikkan yaitu dari 5,6% yang menjawab benar saat sebelum pelatihan dan menjadi 7,3% yang menjawab benar setelah pelatihan. Adapun evaluasi dari pelaksanaan pelatihan berdasarkan jawaban kuesioner yang diberikan memberikan pernyataan 80% menyatakan pelatihan sangat baik. Dampak dari pelatihan ini beberapa guru sudah dapat membuat grafik menggunakan Maple dalam materi bahan ajarnya.Abstract: Mathematics is fairly a difficult subject that may be boring for some studens. We need a way of learning that is interesting and easy to understand. An interesting and interactive teaching material will support the learning processfor the better. The result of the author’s discussion with several teachers from Candle Tree School, Serpong Utara,Tangerang, South Banten. They were agreed that Maple software  training should be held for these teachers. The purpose of this training is for teachers to be familiar with Maple software and be able to use it. Due to the ongoing Covid-19 pandemic, the training was carried out online with a zoom meeting. Beginning with the presentation of the theory of Calculus followed by an introduction to the Maple software and finally with a demonstration of making a simple program for Calculus and drawing animated graphics. Pre-test and pos-test on Maple were conducted to find out results of this training. The results showed an increase from 5.6% who answered correctly before the training and to 7.3% who answered correctly after the training. The evaluation of the implementation of the training based on the answers to the questionnaire given, 80% stated that the training was very good. The impact of this training is that some teachers have been able to create graphs using Maple in their.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPKMI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), dengan nomor ISSN 2721-026X (online), JPKMI Terdaftar di CrossRef system dengan Digital Object Identifier (DOI) prefix 10.36596/jpkmi adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh ICSE (Institute of Computer Science and Engineering). ...