KUMARA CENDEKIA
Vol 9, No 3 (2021): Kumara Cendekia

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN AUD DI MASA PANDEMI COVID-19

Rachmatun Habibah Bintari (Unknown)
Nurul Khotimah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini didasari oleh transisi dari pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran daring yang akan mempengaruhi pembentukan karakter disiplin pada anakusia dini. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji, mngetahui dan mendeskripsikan tentang pengaruh pembelajar daring terhadap pembentukan karakter disiplin anak di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru TK Darma wanita se kecamatan sidoarjo dengan mengambil 86 sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner yang dilakukan menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan analisa statistik regresi linier sederhana. Semua butir pertanyaan dinyatakan valid dengan nilai r sebesar (0,973). Pengaruh pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter kedisiplinan anak usia dini, ditunjukkan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,779. Koefisien determinasi atau R-squared yang diperoleh adalah 60,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring oleh guru memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter disiplin pada anak usia dini yakni mencapai 60,6%. Hal ini juga terlihat dari hasil perhitungan regresi linier sederhana yang memberikan nilai thitung sebesar 11.376 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring (X) berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin anak ( Y)

Copyrights © 2021