Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah
Vol 5, No 1 (2022): Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah

Enrichment Materi Pembelajaran Sejarah tentang Peranan Peranakan Arab Pada Masa Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

Yulianti, Iing (Unknown)
Kurniawati, Yeni (Unknown)
Winarko, Afis (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Tulisan ini ditujukan untuk mengembangkan proses pembelajaran sejarah dengan mengimplementasikan pengayaan (enrichment) tentang peranan peranakan Arab di Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia. Metodologi penelitian sejarah digunakan dalam riset ini yaitu melalui tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Karya tulis ini merujuk kepada hasil penelitian sebelumnya yang telah merekonstruksi peran peranakan Arab pada masa pergerakan kebangsaan sampai periode revolusi kemerdekaan. Hasil historiografi tersebut selanjutnya akan diimplementasikan melalui enrichment dalam pembelajaran sejarah pada materi periode pergerakan kebangsaan sampai revolusi kemerdekaan. Kajian ini dilandasi oleh pentingnya membangun rekonstruksi yang utuh tentang peran semua kelompok masyarakat dalam sejarah Indonesia. Kajian ini berupaya untuk mengkaji, menelaah, dan mendeskripsikan peran peranakan/keturunan Arab dalam sejarah Indonesia terutama pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia untuk selanjutnya dapat dijadikan suplemen dalam buku teks pelajaran sejarah pada jenjang pendidikan menengah atas/sederajat. Kajian ini dapat membangun rekonstruksi peristiwa sejarah secara utuh yang dapat menghasilkan informasi, persepsi dan historiografi peranan semua elemen masyarakat Indonesia dalam sejarah Indonesia untuk kepentingan pendidikan sejarah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

historia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Learning History at school 2. Learning History in college 3. History education curriculum 4. Historical material (local, national, and world history) 5. History of education 6. Historical material in social ...