Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar kelas V SDN 2 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada konsep tumbuhan hijau melalui metode eksperimen pada pelajaran IPA. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar, sebanyak 21 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar, tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, dan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa sebesar 66,71% pada siklus II meningkat menjadi 83,09%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,76% pada siklus II meningkat menjadi 85,14%, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,15% pada siklus II meningkat menjadi 81,85%, demikian pula dengan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 73,14% pada siklus II meningkat menjadi 77,10%.
Copyrights © 2020