KEMBARA
Vol. 7 No. 2 (2021): Oktober

Strategi dan teknik persuasi perekrutan calon anggota baru (Studi kasus kebahasaan pada bisnis multi level marketing bodong)

Sukarno Sukarno (Universitas Jember)
Agung Nurdianto (Universitas Jember)
Agustina Dewi Setiari (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Para pelaku bisnis Multi Lavel Marketing (MLM) seringkali memanfaatkan retorika persuasi untuk untuk merekrut nasabah sebagai anggota baru dalam bisnis MLM yang mereka geluti. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap jenis-jenis strategi dan teknik persuasi yang digunakan oleh para pembicara untuk memengaruhi dan merekrut calon anggota baru pada bisinis MLM Bodong. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif kritis dengan model analisis ujaran yang mengandung unsur persuasi.  Data penelitian berupa frasa dan atau penggalan-penggalan kalimat yang mengandung unsur persuasif dikumpulkan dari empat video seminar dan testimoni oleh pembicara PT.QNET International.  Keempat video seminar dan testimoni tersebut diunduh dari empat kanal YouTube pada tanggal 13, 15, dan 18 Maret 2020. Data yang talah terkumpul diseleksi dan diberi kode menurut strategi yang digunakan dan teknik penerapan masing-masing persuasi. Selanjutnya, data dianalisis berdasarkan teori persuasi Aristoteles (1984) untuk mengungkap jenis strategi dan teknik persuasi yang digunakan guna merekrut anggota baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis strategi persuasi, yaitu: Logos, Etos, dan Patos. (1) Strategi logos diterapkan dengan teknik pembuktian keberhasilan, sebab akibat, slogan, penggunaan gaya bahasa, (2) strategi etos diterapkan dengan teknik penggunaan nilai keagamaan/sosial, citra positif, rendah diri, dan ungkapan, dan (3) stretegi etos diterapkan dengan teknik cerita anekdot, penciptaan emosional, dan penggunaan kalimat imperatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan masukan kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh bujuk rayuan pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab terkait dengan penanaman modal (investasi) pada kegiatan bisnis yang menjanjikan keuntungan yang tidak wajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KEMBARA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KEMBARA diterrbitkan sejak April 2015 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. KEMBARA memuat artikel hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya, yang diterbitkan pada bulan April dan ...