Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 9, No 2 (2021)

Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Matematika Wajib Kelas XI Terbitan Intan Pariwara Materi Matriks Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Tri Mardianti Atikah Putri (Universitas Bengkulu)
Hanifah Hanifah (Universitas Bengkulu)
Nur Aliyyah Irsal (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi pada buku matematika wajib Kelas XI terbitan Intan Pariwara materi matriks berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom Revisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kognitif yang terdiri dari enam tingkat kognitif yaitu, mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal uji kompetensi pada buku matematika wajib Kelas XI terbitan Intan Pariwara. Soal pada bab matriks terdiri dari 99 soal dengan uji kompetensi tersebut terdiri atas tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak 1 soal (1%), tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 6 soal (6,1%), tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 88 soal (88,9%), tingkat kognitif menganalisis (C4) sebanyak 4 soal (4%), serta tidak ditemukan soal dengan tingkat kognitf mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6) Kata kunci: Soal Uji Kompetensi, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.

Copyrights © 2021