ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika
Vol 9, No 4 (2021): ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektro

Sistem Kendali Eddy Current Brakes Dinamometer menggunakan Linear Quadratic Regulator (LQR)

MUHAMMAD ARROFIQ (Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)
LUKMAN SIDIQ NUGROHO (Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)
FAHMIZAL FAHMIZAL (Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)
ESA APRIASKAR (Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKMakalah ini memberikan analisis perbandingan antara teknik kendali klasik yaitu kendali PID dengan teknik kendali modern pada sistem Eddy current brakes dinamometer. Eddy current brakes merupakan sistem pengereman modern yang membutuhkan sebuah sistem kendali untuk menunjang kinerja pengereman. Selama ini kendali PID lebih sering digunakan, namun di beberapa kondisi dinilai kurang optimal. Dengan demikian, diperlukan pengembangan kendali yang modern dan optimal yaitu full state feedback Linear Quadratic Regulator (LQR). Perbandingan respon waktu pengereman disimulasikan menggunakan Matlab/Simulink. Hasil simulasi menunjukkan respon waktu pengereman pada kendali LQR lebih baik dibandingkan dengan kendali PID, dengan Ts = 2.12 detik, Tr = 1.18 detik, dan tanpa overshoot. Adapun kendali PID, meskipun menghasilkan Ts = 0.27 detik dan Tr = 0.18 detik, namun demikian masih terdapat overshoot sebesar 0.7%.Kata kunci: Eddy brakes, PID, LQR, Matlab ABSTRACTThis paper provides a comparative analysis between PID control as a classical control technique and modern control technique in the dinamometer Eddy current brakes system. Eddy current brakes is a modern braking system that requires a control system to support the braking performance. PID control is often used to be implemented but in some conditions it is less optimal. Therefore, it is necessary to develop a modern and optimal control, such as a full state feedback Linear Quadratic Regulator (LQR). The comparison of the braking time responses were simulated using Matlab/Simulink. The simulation results show that the response of LQR control is better than the PID, with Ts = 2.12 seconds, Tr = 1.18 seconds, and without overshoot. On the other side, PID control, although having Ts = 0.27 seconds and Tr = 0.18 seconds, there is still an overshoot about 0.7%.Keywords: Eddy brakes, PID, LQR, Matlab

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elkomika

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal ELKOMIKA diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun pada bulan Januari, Mei dan September. Jurnal ini berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pada Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik ...