ARSHI Veterinary Letters
Vol. 5 No. 2 (2021): ARSHI Veterinary Letters - Mei 2021

Use of the MLX 90164 sensor and the ThingSpeak platform for internet of things-based animal body temperature check

Ridi Arif (Department of Animal infectious Diseases and Veterinary Public Health, Faculty of Veterinary Medicine, IPB University)
Okta Irviana Muminin (Undergraduate program, Faculty of Veterinary Medicine, IPB University)
Nenis Rahma Wulandari (Undergraduate program, Faculty of Veterinary Medicine, IPB University)
Koekoeh Santoso (Department of Anatomy, Physiology, and Pharmacology, Faculty of Veterinary Medicine, IPB University)
Dhani S. Wibawa (Surfactant and Bioenergy Research Center, IPB University)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Sensor MLX 90614 adalah sensor IR yang digunakan untuk mengukur suhu tanpa kontak. Sensor ini dapat mengukur suhu objek dan suhu lingkungan pada kisaran -40 oC – 125 oC. Sensor ini banyak digunakan di berbagai bidang seperti pengukuran suhu ruangan, suhu mesin, suhu lingkungan, dan suhu tubuh. Sensor MLX 90614 belum sepenuhnya dapat digunakan secara langsung untuk melakukan pengukuran suhu karena default program yang sederhana sehingga hasil pengukuran tidak akurat. Oleh karena itu diperlukan optimasi untuk meningkatkan nilai presisi pendugaan suhu internal tubuh menggunakan sensor ini. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan 6 ekor domba percobaan. Pemeriksaan suhu dilakukan melalui termometer kontak dan dibandingkan dengan pemeriksaan non-kontak oleh sensor MLX 90614. Hasil penelitian menunjukkan suhu rata-rata termometer kontak adalah 39,28±0,09 oC sedangkan hasil sensor MLX adalah 35,78±1,38 oC. Perbedaan suhu rata-rata adalah 3,5±1,48 oC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor koreksi perbedaan suhu perlu dimasukkan dalam kode skrip saat menjalankan sensor MLX 90614. Hasil pemeriksaan suhu oleh sensor dapat langsung dikirim secara real time ke platform ThingSpeak sehingga hasilnya dapat disimpan dan diakses di berbagai tempat dengan mudah. Penggunaan sensor MLX 90614 yang dipadukan dengan konsep IoT menggunakan ThingSpeak dapat mempermudah proses pemeriksaan suhu tubuh non-kontak, serta membuat data dapat diakses dan disimpan dengan mudah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arshivetlett

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

ARSHI Veterinary Letters (ARSHI Vet Lett) (e-ISSN 2581-2416) is an open access, peer-reviewed, online journal that publishes original manuscript should be produced from latest scientific results which not last than 5 years in all areas of veterinary sciences. Manuscripts is written in Indonesian or ...